Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Sumber Daya Air melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama SPAM Regional Gorontalo Raya bersama Gubernur Gorontalo, Walikota Gorontalo, Bupati Gorontalo, dan Bupati Bone Bolango di Ruang Rapat Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR pada Selasa (14/05/2019).

Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Agus Ahyar mengungkapkan bahwa tugas pemerintah pusat dalam hal ini membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan percepatan penyelenggaraan SPAM Regional Gorontalo Raya.

Sebagaimana komitmen kementerian PUPR membantu menyediakan air ke daerah yang sulit mendapatkan air, diantara kabupaten/kota tersebut ada bagian yang sulit air contohnya, Kota Gorontalo yang sumber airnya ada di Kabupaten Bone Bolago, kalau air ini tidak dibagi tentunya yang jadi korban adalah masyarakat, ujar Agus.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengharapkan dengan adanya kesepakatan bersama SPAM Regional Gorontalo Raya ini dapat mempercepat capaian SDGs. SPAM Regional Gorontalo Raya ini akan melayani 3 wilayah yakni Kabupaten dan Kota Gorontalo serta Kabupaten Bone Bolango sehingga peran pemerintah daerah dalam hal ini sangat diperlukan. Kami berharap agar pemerintah pusat untuk terus mendampingi kami sampai pada tahap pelaksanaannya agar cepat terealisasi kepada masyarakat, harap Idris.

Dalam kesempatan yang bersamaan juga telah dilakukan penandatanganan berita acara serah terima Barang Milik Negara dari Ditjen Cipta Karya kepada Pemerintah Daerah di Provinsi Kabupaten Gorontalo yang dipimpin oleh Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP). (kompuck)