Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Sosialisasi Awal dan Pelatihan Fasilitator Masyarakat (FM) Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) TA 2019 di Palangka Raya, Rabu (10/04/2019). Acara ini dibuka oleh Kepala BPPW Provinsi Kalimantan Tengah Yanuar Seto Nugraha.

Dalam sambutannya, Yanuar mengatakan program PISEW bertujuan untuk menyediakan atau meningkatkan infrastruktur dengan pendekatan partisipasi masyarakat dalam skala kawasan untuk meningkatkan sosial ekonomi wilayah. Mengacu kepada tujuan PISEW tersebut, terdapat beberapa frasa yang dapat digarisbawahi untuk dipahami bersama, yaitu infrastruktur, partisipasi masyarakat, skala kawasan, serta sosial ekonomi.

Dalam acara sosialisasi awal ini, juga disampaikan kebijakan dari pusat, terkait dengan tata cara dan aturan dalam penyelenggaraan PISEW TA 2019 selama 6 bulan ke depan, dari tahap perencanaan, pelaksanaan konstruksi hingga serah terima kepada Pemerintah Desa. Dalam implementasi kebijakan tersebut di lapangan, penyelenggaraan infrastruktur yang berkualitas, dengan tepat biaya, manfaat, dan tepat waktu, menjadi syarat utama yang harus dipenuhi semua pihak, baik pemerintah dalam hal ini tim pelaksana PISEW, maupun masyarakat selaku BKAD pelaksana operasional kegiatan, serta FM sebagai pendamping bagi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan.

Peran BKAD dan FM sangat penting dalam upaya pengenalan kegiatan di masyarakat, penggalian potensi dan identifikasi permasalahan skala kawasan, penggalian rencana infrastruktur, survei kawasan, penyusunan dokumen perencanaan, pelaksanaan fisik, pemantauan dan pengawasan pelaksanaan konstruksi, hingga pelaporan kegiatan.

“Untuk itu, kami sangat mengharapkan agar BKAD dan FM dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, untuk dapat membekali diri dengan materi pelatihan sebelum melaksanakan kegiatan di lapangan,” ungkap Yanuar.

Yanuar berharap dengan adanya kegiatan ini, kita semua memahami peran dan tanggung jawab dalam pelaksanaan program PISEW di Kalimantan Tengah, baik dari sisi Pemerintah dalam hal ini tim pelaksana PISEW di tingkat provinsi dan kabupaten, aparat kecamatan dan desa, maupun masyarakat dalam hal ini BKAD dengan pendampingan FM sebagai pengelola kegiatan di lapangan. “Untuk itu, mari memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menggali pengetahuan dan saling berbagi pengalaman yang memperkaya wawasan kita dalam melaksanakan tugas di masa mendatang,” tutup Yanuar.

Turut hadir dalam acara ini Kepala BPPW Provinsi Kalimatan Tengah, Kepala Seksi di lingkungan BPPW Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala BPKP perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah, anggota DPR RI Komisi V Dapil Kalimantan Tengah, tim pelaksana PISEW Provinsi Kalimantan Tengah, tim pelaksana PISEW Pusat, Ketua Ikatan Instruktur dan Asesor Pelatihan Konstruksi Indonesia (IALKI), tim pelaksana PISEW Kabupaten di 5 Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Katingan, Kotawaringin Timur, dan Seruyan, camat di 19 Kecamatan Penerima Program PISEW dan BKAD dan FM di 19 kecamatan. (Hotman, Tiwi/ BPPW KALTENG/ari)