Ditjen Cipta Karya melalui Balai Teknik Air Minum melaksanakan Bimbingan Teknis Operasi dan Pemeliharaan IPA, Penurunan Kehilangan Air, serta Operasi dan Pemeliharaan Mekanikal dan Elektrikal Air Minum kapada peserta yang merupakan utusan Perusahaan Daerah Air Minum dan UPT/UPTD selama 11 hari (11-22/03/2019) di Bekasi, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H. Sumadilaga mengungkapkan, bahwa kegiatan ini harus sangat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan dalam proses pemeliharaan dan pengoperasian sebuah Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk dapat memberikan masyarakat air bersih secara menyeluruh dan merata.

“Air bersih kita belum merata ke semua masyarakat saat ini, kalau kita lihat jumlah PDAM saat ini ada 391, sekitar 60% sehat dan 40% tidak sehat maka ada sekitar 160 PDAM yang bermasalah dengan teknik, kehilangan air, maupun tata cara operasi pemeliharaan. Maka tolong manfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin dan betul-betul mendalami masalah teknis agar dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi,” ujar Danis.

Diketahui bahwa sumber daya manusia merupakan potensi yang penting bagi usaha pembangunan, tenaga terampil yang terlatih dan terlatih dalam bidang air minum, maka kegiatan ini dilangsungkan dengan tujuan  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas dalam kegiatan operasai dan pemeliharaan IPA, penyelenggaraan SPAM, dan meningkatkan kompetensi SDM bidang penanganan kehilangan air. (dewi)