Presiden Joko Widodo hadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 di Grand City Mall, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (09/02/2019). Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa media dan insan pers masih dibutuhkan masyarakat untuk menyajikan informasi yang benar dan terverifikasi.

“Pers masih dibutuhkan untuk mengambil peranan sebagai rumah komunikasi dan sebagai kontrol sosial bagi pemerintah, bahkan pers masih dibutuhkan untuk menumbuhkan harapan besar pada pembangunan bangsa kita ke depan agar menjadi bangsa yang besar dan ditakuti oleh dunia,” ujar Joko Widodo.

Rangkaian acara dimeriahkan dengan pameran dan talkshow interaktif oleh beberapa media dan UKM lokal yang sudah digelar sejak Kamis (07/02/2019). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ikut berpartisipasi dalam acara tersebut bersama sekitar 60 stan media, BUMN, dan UMKM.

Menurut penanggung jawab pameran Panitia Pusat HPN 2019, Adhy Trisnanto berharap acara tersebut dapat menjadikan informasi kepada masyarakat bahwa para wartawan berkaya berdasarkan dengan standardisasi mutual dan tidak asal-asalan.

“Diharapkan ada dialog positif dengan masyarakat dan para wartawan khususnya di Surabaya. Dengan adanya pameran ini, masyarakat dapat menyaksikan acara dan bisa memperoleh berbagai informasi di masing-masing stan secara gratis,” ujar Adhy.

Turut ikut hadir mendampingi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (dewi)