Ditjen Cipta Karya melalui program KOTAKU bersama dengan jajaran Pemerintah Kota Bengkulu serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) selaku pemberi dana pendamping Coorporate Social Responsibility (CSR) meluncurkan Kota Sustainable Development Goals (SDGs) di Kampung Sejahtera, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Senin (05/11/2018) di Bengkulu.

Tak kurang dari 300 orang peserta dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi dan OPD Kota Bengkulu, Satker sektoral di lingkungan bidang Cipta Karya Provinsi Bengkulu, Camat Kampung Melayu, Lurah Sumber Jaya serta masyarakat sekitar. Acara juga dihadiri dan di buka secara resmi oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Dalam sambutannya, Helmi mengapresiasi atas kinerja seluruh stakeholder dalam memerangi kekumuhan dan kemiskinan di Kelurahan Sumber Jaya. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian seluruh pihak yang terlibat dalam penataan Kelurahan Sumber Jaya untuk mengatasi kekumuhan yang ada. Dengan segala program dan kegiatan yang diterima warga diharapkan mampu untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar yang tentunya akan berdampak pada kesejahteraan warga,” tutur Helmi.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Perencanaan Pengendalian Provinsi Bengkulu Sarosa Agung Nugroho menyatakan, Kota SDGs Kelurahan Sumber Jaya merupakan partnership pilot project yang melibatkan Kementerian PUPR melalui program KOTAKU, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Bengkulu bersama-sama dengan stakeholder pemberi dana hibah CSR seperti Baznas, IPC Pelindo, BNI dan lain-lain untuk mengatasi kekumuhan dan kemiskinan yang ada. “Kegiatan yang dikerjakan “keroyokan” ini merupakan pintu awal dari sebuah gebrakan besar yang harus diikuti oleh peran serta aktif masyarakat. Pembangunan berkelanjutan memerlukan perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik, seperti menjaga kebersihan dan fasilitas yang ada agar kekumuhan tidak terulang kembali,” himbau Agung.

Sejak dicanangkan pada tanggal 21 Oktober 2015 oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nation for Development Program (UNDP) dengan tujuan pembangunan berkelanjutan untuk mengatasi kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata, saat ini Sumber Jaya menjadi satu-satunya Kota SDGs di Indonesia yang diharapkan mampu menjadi percontohan bagi kota-kota lain baik di Indonesia maupun di dunia. (Randal Bengkulu/ari)