Sesuai dengan buku pedoman, Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) merupakan program yang dilaksanakan untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan, serta meningkatkan kualitas permukiman perdesaan.

Tujuan dari PISEW yaitu meningkatkan pengembangan sosial ekonomi wilayah berbasis pada potensi sumberdaya lokal untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah melalui pembangunan infrastruktur wilayah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

Oleh sebab itu, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Nusa Tenggara Barat (BPPW NTB) melakukan Rapat Koordinasi Program PISEW Tahun Anggaran 2020 dalam rangka percepatan serta evaluasi capaian terhadap pelaksanaan PISEW di Lombok, Kamis (27/08/2020).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kasatker Pelaksana Wilayah BPPW NTB Aprialely Nirmala dan dihadiri oleh BPKP Provinsi NTB, PPK PKP BPPW NTB, tim pelaksana provinsi, tenaga ahli provinsi, Fasilitator Masyarakat (FM) dan  Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dari 12 kecamatan NTB.

Dalam sambutannya, Aprialely mengatakan kegiatan ini sudah memasuki semester II. Beberapa tahapan sudah dilewati dari awal hingga memasuki tahap pasca pelaksanaan konstruksi. Setiap tahapan sudah sesuai dengan mekanisme yang ada dalam buku petunjuk teknis PISEW. Diharapkan, semua BKAD maupun FM agar tetap tertib dalam penyampaian laporan, baik pelaporan teknis maupun administrasi.

Sementara, Kepala BPPW NTB Sri Ika Rejeki menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan PISEW tidak lupa untuk menerapkan prosedur pencegahan penyebaran COVID-19, seperti menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer. Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan semua kecamatan agar melakukan percepatan progres dan menjaga kualitas pekerjaannya di lapangan dengan menerapkan 4T, yaitu tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya dan tepat sasaran. (ang/BPPWNTB/ari)