Untuk mendukung dan memajukan pariwisata di Provinsi Bengkulu, khususnya Kawasan Pantai Panjang, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu melanjutkan pekerjaan Penataan Bangunan Kawasan Pesisir Pantai Panjang Bengkulu. Pelaksanaan pekerjaan diawali dengan peletakan batu pertama secara resmi dilakukan oleh Gubernur Bengkulu, Sabtu (18/07/2020).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak masyarakat Provinsi Bengkulu untuk mendukung pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Pusat melalui BPPW Bengkulu dengan selalu menjaga dan merawat semua hasil pembangunan yang telah dilaksanakan agar dapat menambah keindahan dari Pesisir Pantai Panjang Bengkulu. 

“Secara pribadi saya sangat mengapresiasi perhatian dari Pemerintah Pusat yang sudah mau melakukan pembangunan di kawasan wisata Pantai Panjang ini dan saya berharap kepada masyarakat dan OPD terkait dapat berusaha sebaik mungkin untuk menjaga semua yang telah dibangun dari Pemerintah Pusat ini agar benar-benar dapat memajukan pariwisata Bengkulu,” harap Rohidin.

 

Sementara, Kepala BPPW Bengkulu Daniel Kuddi Sangle menjelaskan, bahwa pekerjaan penataan bangunan Kawasan Pesisir Pantai Panjang tersebut merupakan kelanjutan dari penataan pesisir Kawasan pantai Panjang yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu. 

“Pada tahun ini  pekerjaan penataan bangunan Kawasan Pesisir Pantai Panjang dilaksanakan di lahan seluas 4 hektar dengan panjang 550 meter dan akan dilaksanakan selama 171 hari kalender. Selain itu, kami berharap masyarakat Bengkulu dapat mendukung proses pembangunan ini agar dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan mutu dan kualitas yang telah diperhitungkan,” terang Daniel.

 

Untuk diketahui, penataan Kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu merupakan program Pemerintah Pusat yang digawangi Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sejak tahun 2018 lalu. Penataan kawasan ini sebagai bentuk dukungan geliat pariwisata di Provinsi Bengkulu. Hingga tahun 2020, Kemenetrian PUPR sudah membangun fasilitas wisata seperti Taman Wisata Pantai Berkas dan Taman Wisata Pasir Putih Segmen 1. 

Pelaksanaan penataan bangunan Kawasan Pesisir Pantai Panjang tahun 2020, meliputi 7 pekerjaan utama yaitu, pekerjaan hardscape, kios, gazebo, sculpture, mushola, toilet dan pekerjaan pergola. (Memo/Bengkulu/ari)