Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pelayanan air minum merupakan bagian dari kewajiban SPM yang harus dicapai Pemerintah Daerah. Guna mendukung pencapaian SPM tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Pemerintah Pusat dapat membantu dalam pemenuhan SPM tersebut melalui berbagai program.

Salah satu peran Pemerintah Pusat adalah kegiatan pemantauan kelembagaan dan alternatif pembiayaan SPAM Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu melalui acara Workshop Peningkatan Kapasitas Operator dan Regulator Bidang Air Minum yang dilaksanakan Senin (13/07/2020). 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanaan Vikri Febriyanto mengungkapkan, bahwa tujuan dari pelaksanaan Workshop Peningkatan Kapasitas Operator dan Regulator Bidang Air Minum adalah untuk menyatukan persepsi dan pemahaman terkait Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) kegiatan SPAM kepada operator dan regulator SPAM Provinsi Bengkulu. 

“Adanya kesamaan dalam pemahaman NSPK sangat diperlukan untuk menunjang kinerja dan kerja sama yang baik antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah daerah sehingga penyelenggaraan SPAM di Provinsi Bengkulu benar-benar dapat memberikan pelayan kepada masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih,” ungkap Vikri.

 Sementara, Kepala BPPW Bengkulu Daniel Kuddi Sangle berharap melalui acara yang diselenggarakan dengan melibatkan unsur PDAM di seluruh kabupaten/kota dapat terjalin sinergitas dalam pengelolaan air minum di Provinsi Bengkulu. 

“Kegiatan peningkatan kapasitas operator dan regulator ini merupakan salah satu bentuk apresiasi BPPW Bengkulu selaku perpanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya yang merupakan Pemerintah Pusat dalam membantu Pemerintah Daerah dalam menyukseskan program 100-0-100, sehingga pemenuhan SPM di tahun 2024 dapat tercapai dengan sukses,” harap Daniel. 

Kegiatan yang dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19 tersebut dihadiri oleh peserta yang berasal dari BAPPEDA Provinsi Bengkulu, Dinas PU-TR Provinsi Bengkulu, dan PDAM Provinsi Bengkulu. (publikasi/bppwbkl/ari)