Selain daya magis komodonya, Labuan Bajo menyimpan banyak keindahan alam yang menjadi daya tarik wisata baik lokal maupun mancanegara, karena keunggulannya ini Labuan Bajo bakal dijadikan wisata premium.

Untuk mendukung Labuan Bajo menjadi kawasan wisata premium, Kementerian PUPR saat ini tengah membangun beberapa spot wisata, di antaranya yang sedang berjalan adalah Penataan Puncak Waringin tahap II dan Penataan Kawasan Gua Batu Cermin. Hal ini dijelaskan oleh Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman (PKP) Didiet Arief Akhdiat saat mendampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula dalam kunjungan kerjanya di Labuan Bajo, Kamis (16-18/07/2020). 

Dalam kunjungan tersebut, Didiet menjelaskan selain penataan kawasan untuk spot wisata, Kementerian PUPR juga meningkatkan kualitas jalan, trotoar dan drainase serta membangun incinerator TPA, SPAM Labuan Bajo, dan Sarana Hunian Pariwisata Pendukung KSPN Desa Komodo yang saat ini kegiatan tersebut sudah memasuki tahap lelang. 

Selanjutnya, Direktur PKP melakukan pengawasan lapangan terhadap 2 paket Cipta Karya yang sedang berjalan, yaitu Penataan Puncak Waringin tahap II dan Penataan Kawasan Gua Batu Cermin. Hal ini dilakukan dalam rangka quality control dan assurance Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo menuju destinasi wisata premium. 

Dalam kesempatan tersebut, Didiet menegaskan kepada Kasatker Wilayah 3 NTT dan PPK untuk memperhatikan detail kualitas material yang digunakan agar penggunaannya dapat bertahan lama dan meningkatkan aspek keindahan. Didiet tidak lupa berpesan agar dalam pelaksanaan pekerjaan perlu diperhatikan kelengkapan K3 dan selalu mengikuti protokol COVID-19. (BPPWNTT/ari)