Kementerian PUPR telah melakukan upaya pencegahan, penanganan, dan pengendalian penyebaran COVID-19 dengan memberlakukan penyelenggaraan aktivitas perkantoran dari rumah yang berlaku sampai dengan 29 Mei 2020. Dalam rangka optimalisai pelaksanaan kegiatan perkantoran dengan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), sejalan dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka Balai Teknik Air Minum mengadakan Capacity Building Internal bagi pegawai.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari selama 8 hari sejak tanggal 11 Mei 2020 hingga 20 Mei 2020. Capacity building internal merupakan bentuk pembelajaran dan diskusi yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Kepala Balai Teknik Air Minum, Yuni Erni Aguslin dalam arahannya Senin (17/05/2020) menyampaikan perlunya menciptakan kaderisasi calon instruktur bidang air minum khususnya untuk mendukung penyelenggaraan bimbingan teknis di Balai Teknik Air Minum. Oleh karena itu, narasumber kegiatan ini adalah pegawai angkatan muda dan  para Jafung TPL Balai Teknik Air Minum.

"Harapannya, selain menambah wawasan di bidang air minum, forum ini juga dapat menjadi wadah diskusi agar seluruh pegawai dapat lebih memahami tugas dan fungsi Balai Teknik Air Minum,” ungkap Yuni.

Materi capacity building internal Balai Teknik Air Minum mencakup antara lain penyelenggaraan SPAM, pola SPAM di Indonesia, sumber air baku dan karakteristiknya, perencanaan teknis unit produksi, sistem mekanikal dan elektrikal SPAM, serta tugas dan fungsi Balai Teknik Air Minum. Kegiatan ini diikuti oleh para pegawai substantif Balai Teknik Air Minum yang berjumlah sekitar 25 orang setiap harinya. (ard-BTAM/ari)