Untuk meningkatkan pelayanan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung khususnya serta sebagai pendukung KSPN Tanjung Kelayang, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Commisioning Test di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sijuk yang dibangun di Kecamatan Sijuk, beberapa waktu lalu.

Tujuan dari commisioning test atau uji coba sistem yang ada di IPA Sijuk tersebut yaitu untuk pengujian operasional suatu pekerjaan secara real/nyata maupun secara simulasi memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan dan memenuhi sesuai peraturan yang berlaku (rule), regulasi (regulations), kode (code) dan sesuai standar (standard) yang telah ditetapkan. 

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala BPPW Kepulauan Bangka Belitung Miarka Risdawati, Kasubbag TU Deddy Perwira Nugraha, Satker Pelaksana Ahmad Yulizar, PPK Pelaksana Ade Basyarat, tim teknis air minum, dari perwakilan Dinas PUPR Kabupaten Belitung, Kasi PBL Darmawan, Kasi PAM dan PLP serta pihak penyedia jasa. 

Miarka mengatakan kegiatan ini dalam rangka serah terima operasional IPA dan perpipaan dari Satker (BPPW Kepulauan Bangka Belitung) kepada Dinas PUPR Kabupaten Belitung sebagai UPTD. 

“Kami ucapkan terima kasih atas terbangunnya IPA dan dengan demikian masyarakat akan lebih mudah mendapatkan air bersih. Pekerjaan sudah dilaksanakan dengan baik dan secara sistem sudah siap dioperasikan,” tutur Miarka. 

Miarka menambahkan, IPA Sijuk dibangun pada Tahun Anggaran 2019 dengan kapasitas 20 liter/detik dengan rencana pelayanan 1.600 Sambungan Rumah (SR) atau 8.000 jiwa yang dapat terlayani. Saat ini, jaringan pipa distribusi 200 mm sepanjang 7.662 meter yang direncanakan dapat melayani KSPN Tanjung Kelayang. (Yayan/BPPW-Babel/ari)