Menindaklanjuti arahan Presiden RI pada tanggal 3 September 2019, Kementerian PUPR menyelenggarakan Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

Sayembara ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil karya desain yang bersifat inklusif, inovatif dan adaptif terhadai visi dan kriteria Ibu Kota Negara (IKN). Hal tersebut diungkapkan oleh Dirjen Cipta Karya Danis H. Sumadilaga dalam acara Aanwijzing Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara, Jumat (18/10/2019) di Auditorium Kementerian PUPR.

Gagasan Desain Kawasan IKN diharapkan mampu menerjemahkan visi ibu kota, yaitu sebagai katalis peningkatan peradaban manusia Indonesia, yang bertujuan untuk mewujudkan IKN yang merepresentasikan kemajuan bangsa yang unggul (smart metropolis), melalui desain kawasan IKN yang memenuhi tiga kriteria utama, yaitu mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan dan mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

“Aanwijzing Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara merupakan salah satu kesatuan rangkaian dari sayembara yang juga bertujuan agar para peserta sayembara dapat mengetahui informasi dan penjelasan teknis terkait sayembara tersebut,” tutur Danis.

Kegiatan ini mengundang seluruh peserta sayembara dari seluruh provinsi di Indonesia maupun dari luar negeri. Kegiatan Aanwijzing ini dihadiri sekitar 200 orang lebih dan sampai status hari ini jumlah keseluruhan peserta yang mendaftar berjumlah 672. 

“Kami juga mengadakan Aanwijzing di lapangan yang akan diselenggarakan pada hari Senin tanggal 21 Oktober 2019, dengan titik kumpul Pelabuhan Semayang, Kalimantan Timur pukul 07.00 WITA. Status 18 Oktober 2019 sudah ada sekitar 101 peserta yang mendaftar untuk mengikuti Aanwijzing lapangan,” kata Danis.

Danis berharap, melalui kegiatan Aanwijzing Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara ini, diharapkan para peserta mampu mengetahui informasi dan penjelasan teknis serta diharapkan nantinya dapat menghasilkan karya yang terbaik, khususnya dalam menghasilkan banyak alternatif desain dari segala aspek, baik fisik, sosial, ekonomi, maupun aspek lingkungan.(kompuck)