Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jambi, Rabu (16/10/2019) mengadakan Lokakarya Tingkat Kota National Slum Upgrading Project (NSUP) Program Kota Tanpa Kumuh Tahun 2019 yang dihadiri Sekretaris Daerah Kota Jambi Budidaya dan dibuka oleh Kepala BPPW Jambi Azna Legawaty, di Jambi.

Dalam sambutannya, Azna menyampaikan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tahun 2019 untuk Kota Jambi mendapatkan dana dari Pemerintah Pusat sebesar Rp40,5 miliar. Anggaran ini akan dipergunakan untuk menangani permasalahan kumuh yang berada di 34 kelurahan lokasi dampingan KOTAKU. Untuk Kota Jambi secara komulatif luas kawasan kumuh berdasarkan SK Walikota Nomor 166 Tahun 2016 yakni sebesar 986,57 ha dan tahun 2019 menyisakan 506,6 ha. Tentunya tantangan untuk menuntaskan kumuh pada tahun 2019 semakin tinggi.

“Upaya mendukung pengurangan luasan permukiman kumuh sampai dengan 0 ha, program KOTAKU menyelenggarakan kegiatan infrastruktur skala kawasan yang berada di kawasan Danau Sipin dan skala lingkungan melalui dana investasi infrastruktur skala kawasan yang bersumber dari pinjaman luar negeri Islamic Development Bank (IsDB) investasi ditujukan untuk perbaikan atau peningkatan kualitas infrastruktur yang bersifat jaringan dengan pelayanan yang terkoneksi pada kawasan permukiman kumuh," jelas Azna.

Azna menambahkan, untuk persiapan percepatan pelaksanaan KOTAKU sesuai dengan reform KOTAKU, maka perlu dilaksanakan kegiatan lokakarya di tingkat Kota Jambi. “Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi sarana yang efektif dan penting untuk memastikan isu strategis tahun 2019, serta dapat menjadi bagian pengendalian sampai dengan Desember 2019 dan dengan kegiatan ini pula diharapkan capaian baik pendampingan tingkat masyarakat, hingga kelurahan," tutup Azna. (DM/BPPW/JAMBI/ari)