Telah terjadi kebakaran sebanyak 64 rumah dengan 84 kepala keluarga di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, tepatnya RT. 06 dan RT. 08 pada Selasa (15/10/2019). Sesuai dengan SK Walikota Palembang Nomor 88 Tahun 2014, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Selatan Achmad Irwan Kusuma, Kamis (17/10/2019) melakukan kunjungan ke lokasi kebakaran dan memberikan bantuan pasca bencana.

Diketahui masyarakat penghuni kawasan tersebut mayoritas bekerja sebagai buruh harian dan beberapa merupakan pemilik usaha pempek. Kawasan tersebut tergolong kawasan kumuh berupa rumah permanen dan non permanen. Jalan akses ke lingkungan tersebut hanya berupa jalan kecil dengan lebar 2 meter, sedangkan luas rumah terkecil berukuran 3x4 meter, dan rumah terbesar di lokasi tersebut berukuran 10x15 meter.

Di lokasi kumuh Karanganyar terdapat kegiatan penanganan kumuh skala lingkungan dari program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yaitu berupa pembangunan jalan lingkungan. Selain itu juga terdapat kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) tahun 2017, serta terdapat kegiatan hibah air minum perkotaan, jaringan perpipaan, dan meteran sambungan rumah turut mengalami kerusakan parah. Jalan lingkungan program KOTAKU tersebut mengalami kerusakan patah struktur yang diakibatkan dari panasnya kobaran api dan kondisi lahan yang berada di rawa-rawa sehingga mengalami penurunan di beberapa titik. 

Kusuma mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR melalui BPPW Sumatera Selatan akan melakukan penanggulangan pasca bencana dengan memberikan bantuan berupa air minum dalam 1 unit mobil tangki yang akan digerakkan pada Jumat (18/10/2019). Kusuma juga menginformasikan bahwa BPPW Sumatera Selatan dibantu KOTAKU akan menyusun kebutuhan infrastruktur permukiman pasca bencana kebakaran dengan membuat rencana ataupun site plan

“KOTAKU sudah diberikan tugas antara lain penyusunan site plan, kemudian RAB terkait dengan apa saja infrastruktur permukiman yang perlu dibangun pasca kebakaran, dan saat ini Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumatera Selatan bersama dengan Gubernur Sumatera Selatan akan beraudiensi dengan Menteri PUPR dalam rangka pengajuan bantuan untuk korban kebakaran Karanganyar,” tutup Kusuma. (Bemby-BPPW Sumsel/ari)