Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tenggara (BPPW Sultra) menggelar Peletakan Batu Pertama Pekerjaan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Kawasan Bungkutoko dan Petoaha di Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Senin (7/10/2019). Peletakan batu pertama dihadiri langsung oleh Walikota Kendari Sulkarnain.

Kepala BPPW Sultra Mustaba mengatakan, bahwa pekerjaan ini merupakan kontrak multiyears dan akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Kendari. “Suatu kesyukuran kita diberi kepercayaan untuk membenahi kampung kita. Kita akan menata Kawasan Bungkutoko dan Petoaha menjadi salah satu kawasan yang ikonik di pintu gerbang Kota Kendari. Kontrak kami multiyears, yang akan berakhir pada Juni 2020 mendatang. Mudah-mudahan pekerjaan berjalan lancar, setelah selesai kita akan serahkan pada Pemerintah Kota Kendari,” ujar Mustaba.  

Dalam kesempatan yang sama, Sulkarnain, mengapresiasi kerja sama dari BPPW Sultra yang berperan penting dalam realisasi pekerjaan ini. Mustaba mengakui bahwa Pemerintah Kota Kendari harus bersinergi dalam pengurangan luasan kawasan kumuh.

“Kami sangat berterima kasih pada BPPW Sultra. Hal ini kami sangat syukuri sebab masuk dalam RPJMD 2017-2022. Kami mohon untuk terus mendampingi kami, bersinergi dalam program-program berikutnya. Pemerintah Kota Kendari tentu memiliki keterbatasan dalam  pembiayaan pembangunan infrastruktur permukiman. Kami berharap kawasan ini menjadi bagian dari ikon Kota Kendari,” harap Sulkarnain.

Tak lupa, Sulkarnain menekankan bahwa pentingnya perubahan tingkah laku yakni kesadaran akan kebersihan lingkungan. “Para camat, lurah dan seluruh masyarakat diharapkan untuk saling merangkul dalam menciptakan kualitas permukiman yang lebih baik,” tutur Sulkarnain. (Tim BPPW Sultra/ari)