Dinas Pekerjaan Umum Bidang Cipta Karya Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (08/10/2018) melaksanakan penjaringan minat Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional di ruangan rapat Cipta Karya Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Kepala Bidang Cipta Karya Provinsi Kalimantan Selatan  Mursyidah Amini mengatakan, rencananya pembangunan SPAM regional akan melayani penyediaan air minum di daerah Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan dan Tabalong dan Balangan atau terkenal dengan yang di sebut Banua Anam. "Penjaringan ini juga sekaligus untuk mendapatkan surat minat dari kabupaten dan nantinya ditindaklanjuti oleh gubernur dalam melaksanakan studi selanjutnya terkait penyediaan air baku, rencana tapak dan sebagainya," sambut Mursyidah. 

Rapat dihadiri dari Balai Wilayah Sungai II, Bappeda Provinsi, Satker Randal PIP, Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM), dan Koordinator Satker Bidang  Cipta Karya Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Bappeda, dan PDAM dari wilayah Banua Anam. 

Kasatker PSPAM Provinsi Kalimatan Selatan Endra Bekti Nusantara mengatakan pembangunan SPAM Regional Banua Anam diharapkan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan air di wilayah tersebut jangan sampai terkendala oleh topografi wilayah yang justru menyulitkan pemanfaatan air dan malah merugikan karena terdapat enam kabupaten dengan karakter geografis berbeda-beda. 

Endra melanjutkan mayoritas wilayah Banua Anam capaian air minumnya sudah di angka 75 %, kecuali Tapin yang masih 56% capaian air minumnya, bahkan dari debit air 500 liter/detik masih memiliki idle capacity 300 liter/detik. “Diharapkan dengan duduk bersama ini kita bisa mendapat surat minat apakah diminati atau tidak oleh kabupaten di Banua Anam, dan kemungkinan tapak pengambilan intake dan pembangunan IPAnya,” jelas Endra. (HRD KALSEL/ari)