Sebagai wujud kepedulian terhadap korban bencana gempa pada lingkungan pegawai Kementerian PUPR di Provinsi NTB, Kementerian PUPR pusat memberikan bantuan tali asih berupa dana yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti Eko Susetyowati, Jumat (7/09/2018).

Bantuan ini diberikan kepada 117 orang dimana untuk rumah yang mengalami rusak berat diberikan sebesar Rp. 20 juta, rusak sedang sebesar Rp. 8 juta, dan rusak ringan sebesar Rp. 2,7 juta. Penyerahan bantuan diberikan kepada pegawai BWS NT-1 sebanyak 51 orang, BPJN IX Mataram sebanyak 36 pegawai, dan Direktorat Jenderal Cipta Karya sebesar 30 pegawai dimana total rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 66 rumah, rusak sedang sebanyak 34 rumah, dan rusak ringan sebanyak 17 rumah.

Anita menjelaskan bantuan dana ini berasal dari seluruh pegawai di Kementerian PUPR di Jakarta. Ia juga berharap pemberian ini dapat membantu dan menjadi support bagi pegawai yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana gempa di NTB.

Anita juga menjelaskan bahwa bencana gempa ini tidak ada hubungan dengan perilaku manusia, tetapi terjadi akibat aktivitas tektonik di dalam bumi, sehingga masyarakat dihimbau agar tidak mempercayai isu hoax yang beredar dan meresahkan masyarakat. Dengan kejadian ini diharapkan warga NTB tetap siaga dan mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi hal yang serupa.

“Kami berharap kondisi NTB dapat segera pulih dan melalui bantuan ini dapat meringankan beban pegawai yang terkena dampak gempa di lingkungan Kementerian PUPR Provinsi NTB,” tutup Anita. (Randal NTB/ari)