Desa Kampung Pulau merupakan salah satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Pemayung Provinsi Jambi, dengan luas wilayah 2.050 ha dan jumlah penduduk yang tercatat berdasarkan data tahun 2016 sebanyak 643 jiwa dengan 184 KK. Pada tahun 2016, desa Kampung Pulau mendapatkan bantuan dari program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas III), yang dialokasikan untuk Dusun Kampung Pulau.

Kepala Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Jambi Eko Kuncoro menjelaskan, bahwa Pamsimas desa Kampung Pulau dilaksanakan pada tahun 2017 yang memiliki satu unit sumur bor, satu unit pompa submersible, satu unit menara air,  satu unit PLN, perpipaan 1.404 m, 1 unit Keran Umum (KU), satu unit jamban sekolah, tiga unit tempat cuci tangan dan sambungan rumah (SR) yang sudah terdaftar sebagai calon pemanfaat sampai saat ini adalah sebanyak 5 SR, dengan rencana penambahan yang sudah mendaftar sebanyak 30 SR. 

“Sebelum datangnya Program Nasional Pamsimas, sebagian warga masyarakat Kampung Pulau mendapatkan kebutuhan airnya dari sumur gali dan sumber mata air yang jaraknya cukup jauh dari pemukiman yang unsur kesehatannya kurang terjamin dan akibatnya banyak warga yang sering menderita berbagai penyakit, seperti penyakit diare, penyakit kulit, dan lain-lain, namun sekarang masalah ini telah dapat teratasi,” jelas Eko, Selasa (05/06/2018). 

Eko menambahkan program Pamsimas III bertujuan untuk meningkatkan masyarakat yang kurang terlayani, termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah perdesaan yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi serta meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target Universal Access 2019 di sektor air minum dan sanitasi sesuai dengan RPJMN 2015-2019 melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. (DM/Randal/JBI/ari)