Pengerjaan restorasi Rumah Gadang di kawasan Seribu Rumah Gadang yang berada di Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat dimulai dengan pembangunan Rangkiang disalah satu rumah gadang. Restorasi rumah gadang tersebut dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penataan Bangunan Lingkungan Strategis dengan anggaran Rp. 110 miliar melalui APBN yang akan dilaksanakan dalam 2 tahun (Multiyears).

Rumah gadang yang merupakan rumah adat Suku Minangkabau ini berada dalam satu kawasan di Kabupaten Solok Selatan yaitu di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu. Satu keunikan di kawasan tersebut adalah masih banyaknya terdapat rumah gadang yang diperkirakan sebanyak 140 unit dan adat istiadat yang masih terjaga keberlangsungannya. 

Pejabat Pembuat Komitmen Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Provinsi Sumatera Barat Syafriyanti mengungkapkan bahwasanya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam waktu dekat ini akan meninjau kawasan 1000 Rumah Gadang. Dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Prasasti Restorasi Kawasan 1000 Rumah Gadang yang menandakan dimulainya kegiatan tersebut. 

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan Yulian Efi menuturkan apresiasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Ditjen Cipta Karya karena telah banyak memberikan berbagai program pembangunan infrastruktur di Kabupaten Solok Selatan, khususnya program infrastruktur yang sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat. (rjp/randalsumbar/ari)