Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Presiden Joko Widodo menyambangi Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Kampung Tega Lega, Desa Citarik, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu (07/04/2018).

Dengan mengendarai motor chooper terbaru miliknya, Presiden beserta rombongan disambut oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo. Dalam kunjungan singkatnya, Presiden menyempatkan berkomunikasi dengan para warga yang sedang bekerja mengolah sampah di TPS3R dan memastikan agar program tersebut dapat terus berjalan dan berguna bagi masyarakat, “jangan sampai infrastruktur terbangun tetapi tidak difungsikan,” ujar Joko Widodo.

TPS3R adalah salah satu program kerjasama antar lembaga beberapa kementerian dalam kabinet kerja. Menteri PUPR memastikan bahwa program tersebut telah terasa manfaatnya hingga ke masyarakat.

“Program TPS3R merupakan program yang harus terus dilaksanakan dan dipastikan keberfungsiannya, agar dapat membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” tegas Basuki

Sebelumnya, Kampung Tega Lega menjadi tempat pembuangan sampah masyarakat sekitar desa Citarik dan sampah menumpuk tak dikelola dengan baik. Kepala desa Citarik Ledi Nurledi, merasakan program TPS3R sangat membantu meningkatkan kebersihan lingkungan dan perekonomian warga.

"Setelah ada program dari Kementerian PUPR ini dibentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan TPS3R, Alhamdulillah kita punya program prospek kedepannya, bisa menanggulangi masalah angka kemiskinan dan pengangguran", tutur Ledi.

Konsep utama pengelolaan sampah di TPS3R adalah untuk mengurangi volume sampah melalui konsep reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang). Program ini merupakan salah satu program Padat Karya yang telah berjalan di berbagai pelosok Indonesia. (Tim.PubPLPBM/dewi)