The Ninth World Urban Forum (WUF 9) secara resmi telah dibuka pada tanggal 8 Februari 2018, di KLCC, Kuala Lumpur. Penyelenggaran WUF 9 bertujuan untuk berbagi ide, masukan, pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola perkotaan dan menuju implementasi New Urban Agenda (NUA).

Dalam Side Event pada WUF 9 dapat disimpulkan bahwa underground space merupakan sumber daya yang memiliki potensi besar untuk menjadi ruang alternatif atau solusi keterbatasan lahan di perkotaan di masa yang akan datang. 

Selain itu, masa depan transportasi kota bergantung pada bagaimana orang beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan berkolaborasi dengan disruptors untuk menciptakan transportasi yang lebih baik, serta  pemuda harus mendapatkan wadah yang sesuai dengan gaya hidup mereka yaitu penuh dengan inisiatif dan kreatifitas agar dapat  berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan. 

Pewakilan Pemuda Indonesia diharapkan dapat memaksimalkan kesempatan tersebut untuk dapat memberikan suara mereka dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan dan tentunya menyerap berbagai pengalaman seluruh peserta yang berasal dari berbagai instansi, negara dan kelompok perkotaan, sehingga diakhir forum ini diharapkan menghasilkan rekomendasi pemuda untuk pembangunan  perkotaan berkelanjutan dan implementasi NUA di Indonesia.(Dit.BPB/kompuck)