Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan peresmian pembangunan infrastruktur tempat pengolahan sampah dengan pola reduce, reuse, recycle (TPS 3R) Srimenanti, di Sungailiat, Selasa (09/01/2018).

TPS 3R Srimenanti yang dibangun pada tahun 2017 dengan anggaran sebesar Rp. 550 juta, diresmikan oleh Bupati Kabupaten Bangka, Tarmizi. Dalam sambutannya, Tarmizi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah mendukung  capaian 100-0-100 untuk Indonesia yang lebih baik. “Dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat mendorong agar masyarakat berpola hidup sehat dan bersih,” tutur Tarmizi. Dalam peresmian tersebut, juga sekaligus dilakukan hibah 1 mobil pick up dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka. 

“Posisi TPS 3R Srimenanti sangat strategis yaitu di dalam kompleks pasar inpres yang bisa melayani sampah masyarakat dilingkungan Kelurahan Srimenanti. TPS 3R ini diharapkan dapat mendorong kawasan sekitar untuk mendukung gerakan cinta kota,” ujar Tarmizi. 

Sementara itu Kasatker PSPLP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Miarka Risdawati menambahkan, dengan moto "Urang Hebat Sampah Manfaat", menjadikan anggota KSM Srimenanti semakin semangat dengan keterlibatan di TPS 3R ini.  

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Camat Sungailiat, Lurah Srimenanti, anggota Dewan DPRD Kabupaten Bangka, RT RW di Kelurahan Srimenanti, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka serta masyarakat sekitar. (Wotto/Randal Babel/ari)