Materi Pra Konsultasi DAK 2015 Bidang Infrastruktur Sanitasi dan Air Minum - Wilayah Timur NEW!                         TVC City Changer NEW!                         
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Sosialisasi Petunjuk Penyusunan RKAKL 2012

18/07/2011 Share Facebook Twitter

Untuk menjamin tercapainya sasaran kinerja dengan batas anggaran yang telah ditetapkan, baik untuk kegiatan fisik maupun alokasi anggaran penunjangnya di setiap satuan kerja , Ditjen Cipta Karya mengadakan sosialisasi petunjuk dan penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKAKL) tahun 2012 di Jakarta, 18-19 Juli 2011. Acara ini diikuti oleh seluruh satker di lingkungan Ditjen Cipta Karya se- Indonesia.

Dalam arahannya, Direktur Bina Program Antonius Budiono mengatakan, hasil penyusunan RKA-KL akan digunakan untuk proses penelaahan, dimana proses penelaahan ini akan dilakukan dalam 2 (dua) tahap, yaitu oleh internal Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Anggaran, Kementerian Keuangan.

Penelaahan pertama akan dilakukan oleh Direktorat Bina Program. Penelaahan tidak hanya dilakukan terhadap kesesuaian dengan pagu anggaran dan struktur anggaran dalam lembar kerja RKA-KL, namun juga akan dilakukan verifikasi terhadap kesiapan tiap-tiap kegiatan yang akan didanai. Apabila tahap penelaahan internal Ditjen Cipta Karya dapat dilakukan secara optimal, maka akan lebih meringankan tugas penelaahan kedua yang akan dilakukan di Ditjen Anggaran, Kementerian Keuangan

“Saya harap  semua satker segera menyiapkan dokumen pendukung sesegera mungkin, sehingga tidak menghambat proses penelaahan internal dan penyampaian dokumen RKA-KL ke Ditjen Anggaran, Kementerian Keuangan,” kata Antonius Budiono.

Ia menambahkan, mengingat jadwal penyusunan R-APBN 2012 khususnya penyusunan dan penelaahan RKA-KL yang begitu ketat, Ia berharap pada acara Sosialisasi ini para peserta dapat menyerap informasi seoptimal mungkin. Informasi mulai dari kebijakan, prinsip-prinsip penganggaran di tahun 2012 sampai dengan tataran teknis tata cara penyusunan RKA-KL dari semua narasumber harus dapat diterapkan dalam penyusunan Aplikasi RKA-KL masing-masing Satuan Kerja.

Sebagai informasi, Pagu Ditjen Cipta Karya TA 2012 berdasarkan Pagu Anggaran adalah Rp.12.373 Triliun dimana angka ini sudah termasuk tambahan untuk Program Pro Rakyat khususnya Air Minum (Rp.635 Milyar) dan P2KP (Rp.308 Milyar). Sementara itu, target kinerja yang harus dicapai pada tahun anggaran 2012 diantaranya adalah penyediaan/peningkatan Infrastruktur Kawasan Permukiman Perkotaan di 172 kawasan, pembangunan infrastruktur perdesaan di 3000 desa, peningkatan keswadayaan masyarakat di 10.987 kelurahan, peningkatan sarana dan prasarana lingkungan permukiman di 143 kawasan, pembangunan infrastruktur air limbah di 51 kab/kota, pembangunan TPA di 70 kab/kota serta penyediaan SPAM di 251 kawasan MBR dan 124 IKK. (dvt)

Berita Terkait Komentar