Ditjen Cipta Karya - Jl. Pattimura No. 20. Jakarta Selatan, 12110. Phone/Fax. (021)72796578
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Kualitas Fasilitator Penting Dalam Program PPIP

20/04/2010 Share Facebook Twitter
Fungsi fasilitator yang mampu mendorong Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) dan dapat menyiapkan program jangka menengah (PJM) desa dalam Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) sangat dibutuhkan. Fasilitator yang tidak berkualitas dan meminta pungutan tidak perlu direkrut kembali.

Demikian disampaikan Direktur Bina Program Danny Sutjiono saat memberikan arahan dalam acara “Konsolidasi Pemantaban Persiapan dan Penyusunan Target Progres Pelaksanaan Kegiatan RIS-PNPM dan PPIP di Provinsi TA 2010” yang dilaksanakan di Jakarta 20-22 April 2010. Acara tersebut diikuti oleh seluruh PPK PPIP baik provinsi maupun kabupaten se- Indonesia.

“Ciri fasilitator yang berkualitas adalah masyarakat yang difasilitasi mampu menjual programnya.  Fasilitator yang dipilih haruslah memiliki komitmen tinggi terhadap program pemberdayaan.  Untuk itu perekrutan fasilitator harus selektif,” katanya.

Selain masalah fasilitator, ia juga menyinggung masalah lokasi sasaran. Menurutnya, di tahun 2010 ini, terdapat desa sasaran yang telah disepakati oleh Kementerian Koordinator Kesejateraan Rakyat  yang pada tahun 2009 lalu belum dilaksanakan. Untuk itu pada tahun ini, desa sasaran tersebut harus segera dilaksankan.

Ia juga menghimbau kepada para Satker PPIP Provinsi agar menggandeng Satker Kabupaten/Kota dalam mendorong desa sasaran agar bisa menjual PJM desa setempat. Menurutnya, keberhasilan suatu pemberdayaan juga dapat dilihat dari keberhasilan Pemerintah kabupaten/kota dalam sharing pendanaan program PPIP.

Acara pemantaban yang dilaksanakan selama tiga hari ini akan mengevaluasi pencapaian kinerja PPIP dan RIS PNPM 2009. Disitu akan didiskusikan berbagai kendala, hambatan dan juga solusi program PPIP yang telah dilaksanakan.

Dalam kesempatan tersebut juga akan diberikan penjelasan mengenai pedoman  dan pengendaliaan pelaksanaan RIS PNPM dan PPIP 2010, pelaporan menggunakan Sisten Akuntasi Instansi (SAI) dan E-Monitoring serta penyusunan rencana kerja dan tindak lanjut RIS PNPM maupun PPIP 2010. (dvt) Berita Terkait Komentar