Ditjen Cipta Karya - Jl. Pattimura No. 20. Jakarta Selatan, 12110. Phone/Fax. (021)72796578
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Hari Habitat Dunia 2013: Kota untuk Semua

09/09/2013 Share Facebook Twitter

Panitia Nasional Peringatan Hari Habitat Dunia tahun (HHD) 2013 di Indonesia menetapkan tema “Kota Untuk Semua”.  Tema ini membawa konsekuensi perwujudan hak atas kota (rights to the city), kemudahan aksesibilitas masyarakat terhadap berbagai sarana, prasarana dan jasa pelayanan kota, inclusiveness atau keterlibatan seluruh masyarakat, keadilan dan tata kelola pemerintah yang baik (good governance).

Tema tersebut disepakati dalam rapat panitia yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum, Imam S. Ernawi, di kantor Kementerian PU, Jakarta (6/9). Rapat dihadiri oleh seluruh panita penyelenggara peringatan HHD yang meliputi berbagai bidang, di antaranya Bidang Upacara Peringatan, Bidang Sarasehan/Seminar/Lokakarya, Bidang Kunjungan Lapangan, Bidang Pameran, Bidang Funbike, Bidang Lomba/Sayembara/Penghargaan dan hiburan Rakyat, Bidang Kampanye Media dan Dokumentasi, Bidang Protokol, Keamanan dan Perijinan, Bidang Logistik, Akomodasi dan Transportasi serta Bidang Administrasi Kegiatan.

Peringatan HHD 2013 yang diperingati oleh negra-negara di dunia mengangkat tema Urban Mobility. Tema tersebut memiliki makna mobilitas (pergerakan) dan akses manusia terhadap jasa dan pelayanan sangat penting untuk menunjang fungsi kota yang efektif dan perkembangan kawasan.

Kota yang mudah diakses akan mendorong pergeseran jenis transportasi ke arah yang lebih berkelanjutan dan akan menarik lebih banyak penumpang yang semula berkendaraan roda empat (mobil) untuk naik transportasi umum seperti kereta api dan bis, ataupun menggunakan sepeda dan jalan kaki.

Mobilitas bukan hanya menyangkut jenis transportasi yang kita gunakan. Perencanaan kota dan desain perkotaan punya peran penting dalam menyatukan manusia dan ruang kota, melalui desain kota yang memperhatikan aksesibilitas, dan kepadatan perkotaan yang optimal, bukan sekedar menambah infrastruktur transportasi perkotaan.

“Mobilitas yang baik akan memudahkan manusia mencapai simpul–simpul kegiatan yang menunjang aktifitas sehari-hari, baik untuk bekerja, bersekolah, berkarya, dan kegiatan berumah tangga,” ungkap Imam.

Sejak tahun 1985 Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan setiap senin pertama bulan Oktober sebagai Hari Habitat Dunia. Puncak peringatan Hari Habitat Dunia 2013 akan diperingati pada tanggal 7 Oktober 2013. (Aca/bcr)

Berita Terkait Komentar