TVC City Changer NEW!                         
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Program P4IP Amanah Bagi Kementerian PU

29/08/2013 Share Facebook Twitter

Sejumlah 9.870 desa di wilayah PPIP dan 1800 Kelurahan di PNPM Perkotaan akan mendapatkan program P4IP (Program percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman) dengan anggaran sejumlah 3,25 trilyun. 

Demikian disampaikan Sekretaris Ditjen Cipta Karya, Dadan Krisnandar, pada acara sosialisasi  Nasional Wilayah Barat Tahun 2013, di Bali (29/8). Sosialisasi Kegiatan sosialisasi P4IP ini merupakan kegiatan yang kedua, karena sebelumnya kegiatan yang sama telah dilaksanakan di Jakarta, pada 22-23 Agustus lalu dengan para peserta yang berasal dari Wilayah Timur.

Pada kesempatan tersebut Dadan menjelaskan kepada 900 orang peserta yang terdiri dari Satker PBL provinsi dan kota/kabupaten PPK P2KP dan PPIP serta konsultan Pusat dan Wilayah PNPM Mandiri Perkotaan bahwa Kementerian PU diberi amanah untuk menjalankan program ini sebagai kompensasi kenaikan BBM. Oleh karena itu diharapkan dalam pelaksanaannya mampu mengurangi persoalan beban hidup masyarakat miskin di wilayah masing-masin.

karena program ini memakai pendekatan pemberdayaan, maka semua tahapan baik dari perencanaan, pelaksanaan dan Pasca pelaksanaan pembangunan pun pengawasan nya dilakukan  masyarakat langsung.

Diakhir sambutannya, Dadan menghimbau kepada peserta lokakarya Nasional untuk merapatkan barisan mensukseskan program sehingga masyarakat miskin yang terkena dampak pengurangan subsidi BBM bisa dibantu dengan program ini.

 

P4IP pendukung PNPM Perkotaan

Dalam kesempatan yang sama direktur Penataan bangunan dan Lingkungan (PBL) Guratno Hartono menyatakan bahwa P4IP mendukung program PNPM Perkotaan. Dengan demikian tujuan P4IP di Perkotaan menurut Guratno adalah untuk memberikan kemudahan akses masyarakat miskin terhadap infrastruktur dasar permukiman di perkotaan  dan mendorong roda perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat miskin dengan terbangunnya sarana dan prasarana infrastruktur yang baik.

Dengan demikian program ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat miskin diperkotaan akibat pengurangan subsidi BBM, imbuh lelaki yang ramah dan selalu tersenyum ini.

Menurut Guratno, lokasi sasaran program P4IP di Perkotaan ditetapkan berdasarkan Surat  Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 314/KPTS/M/2013 Tanggal 29 Juli tahun 2013 dengan jumlah lokasi  1.800 kelurahan/desa yang tersebar di 218 Kota/Kabupaten dan 33 Provinsi.

Lokasi sasaran tersebut dibagi  dalam dua kategori yakni, kelurahan/desa yang telah memiliki BKM/LKM PNPM Mandiri Perkotaan sebanyak 1.753 kelurahan/desa, kelurahan/desa yang belum atau sudah memiliki kelembagaan masyarakat lain selain BKM/LKM PNPM Mandiri Perkotaan sebanyak 47 kelurahan/desa.

Sebagai bentuk dukungan terhadap P4IP, PNPM perkotaan menurut Guratno diakhir sesi presentasinya akan memastikan adanya beberapa hal. Pertama, Kelembagaan Masyarakat, melalui penguatan BKM/LKM PNPM Mandiri Perkotaan setempat atau penyiapan kelembagaan masyarakat di Lokasi yang tidak terdapat BKM/LKM PNPM Mandiri Perkotaan. Kedua, fasilitasi proses pemberdayaan masyarakat dalam setiap tahapan kegiatan dalam program P4IP di Perkotaan pada tingkat masyarakat kelurahan/desa, oleh Tim Fasilitator setempat yang didukung fasilitator khusus program P4-IP di Perkotaan. Ketiga, dukungan Bantuan Teknis oleh KMW/OSP dan KMP PNPM Mandiri Perkotaan, untuk efektifitas program P4IP di Perkotaan. Keempat, menyiapkan Petunjuk Pelaksanaan, KAK, Modul dan Materi Sosialisasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan. Kelima, dukungan teknis monev dan operasional lain sesuai kebutuhan. (Iroh Rohayati Fatah)

Berita Terkait Komentar