Materi Pra Konsultasi DAK 2015 Bidang Infrastruktur Sanitasi dan Air Minum - Wilayah Timur NEW!                         TVC City Changer NEW!                         
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Menteri PPN/BAPPENAS Ukur PPIP untuk Sukseskan P4-IP

08/07/2013 Share Facebook Twitter

Kunci untuk keberhasilan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) terletak pada pelaksanaan yang tepat waktu, tepat jumlah, tepat biaya dan tepat sasaran. Selain itu diperlukan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dengan konsep pemberdayaan untuk mencapai keberhasilan pembangunan di masyarakat.

Demikian disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Armida S. Alisjahbana saat mengunjungi pelaksanaan PPIP di Desa Cikoneng, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (3/7). Turut mendampingi Armida antara lain Direktur Pengembangan Permukiman, Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Amwazi Idrus, Kadis Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Edi Nasution, beserta jajaran Bappenas dan Kemen PU lainnya.

“PPIP merupakan bentuk keseriusan pemerintah mensukseskan Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman (P4-IP) untuk mengatasi dampak penyesuaian harga BBM,” ujar Armida.

Armida menambahkan, PPIP merupakan upaya  penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan akses masyarakat miskin terhadap infrastruktur dasar perdesaan. Program tersebut berbasis masyarakat dengan konsep pemberdayaan masyarakat yang berupaya menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas kehidupan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.  

Amwazi Idrus menambahkan, kunjungan tersebut  bertujuan untuk melihat implementasi dan evaluasi PPIP yang sudah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan agar kompensasi dari penyesuaian harga BBM tepat sasaran.

Pemilihan lokasi kunjungan di Desa Cikoneng dikarenakan Desa sasaran PPIP tahun 2012 dan 2013 berada di kecamatan yang sama, yaitu Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Dalam sambutannya, Armida mengucapakan terima kasih terhadap masyarakat Desa Cikoneng. Dia menyatakan program tersebut dilaksanakan untuk melihat secara langsung terhadap infrastruktur dasar yang terbangun dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat terhadap program tersebut.

Selanjutnya, Ibu Menteri beserta rombongan langsung meninjau lokasi dengan berjalan kaki untuk melihat infrastruktur dasar terbangun dari kegiatan PPIP TA 2012. Dengan PPIP, masyarakat setempat membangun jalan rabat beton (jalan Sukatani) dengan panjang 720 m , lebar 2,5 m, dan tebal 12 cm. Sepanjang jalan tersebut dibangun juga gorong – gorong sebanyak 9 unit, tembok penahan tanah 118.85 m³, dan saluran drainase 110 m³.

Pembangunan Jalan Sukatani menjadi pioritas pembangunan di Desa Cikoneng karena merupakan akses jalan bagi dusun III yang merupakan wilayah yang terisolir dengan dusun lain karena terpisahkan oleh hutan. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Cikoneng merupakan petani yang sangat membutuhkan dukungan sarana dan prasarana infrastruktur yang memadai.

Dalam sela-sela meninjau lokasi beliau juga melakukan dialog langsung dengan kepala desa dan masyarakat desa atas manfaat yang dirasakan dan tahapan-tahapan kegiatan PPIP yang dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pasca pelaksanaan dan pemeliharaan.

Diakhir kunjungannya, dia menyampaikan akan menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat desa yang menginginkan jalan yang sudah dibangun ditambahkan agar bisa terhubung dengan ketiga desa lainnya di Desa Cikoneng. “Mudah-mudahan dapat terealisasikan dananya pada kegiatan PPIP tahun 2013,”  kata Armida. (rentek dBangkim/bcr)

 

Berita Terkait Komentar