Materi Pra Konsultasi DAK 2015 Bidang Infrastruktur Sanitasi dan Air Minum - Wilayah Timur NEW!                         TVC City Changer NEW!                         
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Satker PPLP Sulbar Diseminasikan Keteknikan Bidang PPLP

04/06/2013 Share Facebook Twitter

Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Desiminasi Keteknikan Bidang PLP bertema ‘Bersama Kita Peduli Sanitasi’. Acara ini dimeriahkan dengan iringan selayang pandang dari pemenang lomba duta sanitasi 2013, U’ri Handayani dan Welti Oktavia dari SMP Negeri 2 Mamuju, serta penampilan Seni Tari Tradisional Provinsi Sulawesi Barat.

Diseminasi diikuti oleh 40 peserta dari instansi unit satuan kerja Satker Randal, Satker PBL, Satker PKP, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas PU Bidang Cipta Karya Badan Lingkungan Hidup Provinsi dan instansi unit kerja kabupaten yang terkait di Provinsi Sulawesi Barat. Acara digelar di Mamuju, 2-5 Juni 2013, dan dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Sulawesi Barat, Ir. H. Ramli Hamid.

Dalam sambutannya, Ramli mengatakan, pelayanan prasarana dan sarana dasar PLP merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting bagi masyarakat yang harus dipenuhi. Dengan terpenuhinya ketersedian prasarana dan sarana PLP yang layak di suatu daerah akan meningkankan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik.

“Maka dengan adanya kegiatan ini, stakeholder dan instansi yang terkait dapat mengaplikasikannya di daerah masing-masing, tentang pengelolaan, pemanfaatan sarana dan prasarana sampah, drainase, dan air limbah,” katanya.

Dalam acara desiminasi keteknikan bidang PLP ini materi yang diberikan antara lain Kebijakan Bidang PLP yang didalamnya  mencakup tiga sub sektor yaitu persampahan, drenase dan air limbah.

Dalam sambutannya, Kepala Satuan Kerja PPLP, Rusli.ST, MM, mengatakan “dengan ditetapkannya Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 Pasal 22 tentang penyelenggaraan otonomi daerah yang mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan menyediakan Fasilitas Sosial dan Fasilitas umum yang layak. Sehingga kami selaku pemerintah bertanggung jawab atas penyedian sarana dan prasarana tersebut,” ungkap Rusli.

Dalam acara ini peserta yang sebanyak 40 orang akan dibagi menjadi 3 kelompok di ataranya kelompok persampahan, kelompok drenase dan air limbah yang akan dibimbing  oleh tim pengajar pemateri oleh Kasatker PPLP, Rusli, ST, MM, Dr I Made Wahyuni Widyarsana. ST, MT, dari Akademik Teknologi Bandung, Ir Anton Juli Indarto, dari Universitas Tomakaka Mamuju, Muh Fajar, ST MSi Kepala Seksi Program & Perencanaan. UPTD Balai Wilayah Sungai Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat,dan Nurmiaty Zamad, ST MT dari Universitas Sulawesi Barat.    (Ardink_RandalSulbar)  

Berita Terkait Komentar