TVC City Changer NEW!                         
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Dinas PU Provinsi Kalbar Selenggarakan Forum SKPD Tahun 2013

02/04/2013 Share Facebook Twitter

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Forum SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Pontianak, Selasa (2/4). Forum ini diselenggarakan dalam rangka koordinasi, singkronisasi program dan kegiatan di Bidang Ke-PU-an yang ada di Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Forum tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat  Jakius Sinyor.

Forum SKPD Bidang Infrastruktur ini memiliki makna penting, mengingat tahun 2013 ini merupakan tahun pertama Pelaksanaan RPJMD Provinsi Kalimantan Barat untuk masa periode Tahun 2013 – 2018, yang memfokuskan kepada Program Kegiatan Tahun Anggaran 2013 dan Rencana Program Tahun Anggaran 2014 yang akan datang.

Dalam sambutan pembukaannya, Jakius  mengatakan, forum SKPD ini merupakan amanat dari Undang-Undang nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang mana menjadi acuan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Barat dalam menyusun Rancangan Rencana kerja (Renja) Tahun 2014 sebagai bahan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat.

Ia menambahkan, terdapat lima isu strategi yang perlu mendapat perhatian. Pertama, peningkatan kapasitas tampung penyediaan air baku untuk kebutuhan masyarakat dan dukungan peningkatan aktivitas ekonomi wilayah. Kedua, dukungan terhadap kebutuhan rehabilitasi menyeluruh irigasi kewenangan pemerintah Provinsi pada daerah lumbung padi. Ketiga,  meningkatkan investasi untuk mempercepat penambahan akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam rangka pencapaian target MDGs. Keempat, peningkatan kualitas jaringan jalan Provinsi dan konektifitas local untuk menjangkau daerah terisolir yang belum mendapatkan akses transport yang memadai. Kelima, mendukung peningkatan kualitas lingkungan/kawasan permukiman kumuh diperkotaan termasuk memberikan akses masyarakat miskin terhadap hunian yang layak.

" Saya harap setiap SKPD dapat saling mendukung pembangunan dalam mensinergikan guna mensejahterakan masyarakat Kalimantan Barat," katanya.

Materi yang disampaikan dalam forum tersebut meliputi, Program Strategi APBD Dinas PU Prov. Kalbar dan Renja Tahun 2014 oleh Kadis PU, Usulan Rencana Kegiatan Tahun 2014 oleh Ketua Komisi C DPRD Prov. Kalbar, Rencana Program Bidang Sumber Daya Air Tahun 2014 oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan I, Program Bidang Bina Marga Tahun 2014 oleh Kepala satker P2JN, Program Bidang Cipta Karya Tahun 2014 oleh oleh Satker Randal PIP Kalbar.

Peserta tampak sangat antusias sekali dalam mengikuti forum tersebut. Peserta yang mewakili dari 14 kabupaten/kota, baik itu dari Dinas Pekerjaan Umum maupun dari Bappeda banyak menyampaikan pertanyaan maupun masukan. Pertanyaan dan masukan yang disampaikan berkaitan mengenai kondisi dan situasi setiap daerah sesuai bidang yang ada di ke Pu-an, baik itu Bidang Cipta Karya, Sumber Daya Air maupun Bina Marga.

Di Bidang Cipta Karya sendiri, Kasatker Randal Program Infrastruktur Permukiman Kalimantan Barat Bride Suryanus A mengingatkan kepada Dinas Pekerjaan Umum di Kabupaten/Kota khusus di Bidang Cipta Karya menyangkut masalah usulan perubahan Tahun Anggaran 2013 agar segera disampaikan.

Forum itu menyimpulkan perlu adanya sinkronisasi rancangan rencana Program yang ada di Kabupaten dan Kota dengan provinsi. Dimana,  diharapkan kedepan kepada Dinas PU dan Bappeda Kabupaten/Kota untuk dapat menyampaikan usulan dari hasil rancangan rencana program dan singkronisasi program agar mengacu mengenai tata ruang. (Msl)

Berita Terkait Komentar