Ditjen Cipta Karya - Jl. Pattimura No. 20. Jakarta Selatan, 12110. Phone/Fax. (021)72796578
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Enam Duta Sanitasi 2012 DIY Siap Bersaing di Tingkat Nasional

07/05/2012 Share Facebook Twitter

Enam siswa-siswi SMP Provinsi D.I. Yogyakarta (DIY) berhak mengikuti ajang pimilihan Duta Sanitasi tingkat nasional, Juni 2012 di Jakarta. Kesempatan tersebut mereka dapatkan setelah bersaing ketat dengan sekitar 80 kontestan lain dalam ajang Pemilihan Duta Sanitasi Tahun 2012 dari kategori Lomba Poster dan Karya Tulis di Wisam Wanitatama, Yogyakarta (6/5). Selanjutnya mereka akan mendapatkan pembinaan tentang sanitasi oleh Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) DIY.

Pemilihan Duta Sanitasi DIY sempat diliputi suasana tegang saat Kepala Satker PPLP DIY, Dardjat Widjunarso, mengumumkan satu per satu nama pemenang dari dua kategori. Di kategori Karya Tulis, juara pertama disabet Fadilah Rahma N.R dari SMP 1 Bantul, juara kedua dimenangi Annisa Ayu Nirmalasari dari SMP 1 Bantul, dan ketiga oleh Dina Ulistiya dari SMP 1 Sewon. Sedangkan di kategori poster, di urutan pertama ada Alin Maginta Ridasari dari SMP 1 Wonosari, kedua diraih Ajud Karunia Rahmadani dari SMP 1 Bantul, dan ketiga oleh Erzalina Manda Kumara dari SMP N Sleman.

Dalam arahannya, Dardjat menghimbau kepada para Duta Sanitasi DIY agar menyiapkan mental untuk menghadapi kawah candraddimuka di Jambore Duta Sanitasi Nasional, selain tentu saja bekal pengetahuan tentang sanitasi. “Bagi yang tidak beruntung terpilih jangan menyerah, karena lomba ini memberi banyak pelajaran tentang sanitasi. Bagi semua peserta, yang paling penting adalah membuat aksi nyata sanitasi di sekolah, lingkungan maupun rumah,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi DIY, Muhamad Mansur memberikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Pemilihan Duta Sanitasi DIY tahun ini yang lebih maju ketimbang dua tahun sebelumnya.

“Saya mengharapkan tahun-tahun berikutnya lebih meningkat lagi, terutama untuk basis Sekolah Dasar dan SMP. Dengan ajang ini diharapkan meningkatkan pemahaman terhadap sanitasi yang meliputi persampahan, air limbah, dan drainase, maupun tentang penyelamatan air,” ungkap Mansur.

Juara pertama Karya Tulis, Fadilah Rahma, tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya sekaligus tak percaya bisa dipercaya mewakili DIY bersama lima orang temannya. “Saya gak menyangka, padahal targetnya lima besar. Saya akan menyiapkan diri secara mental maupun pengetahuan untuk ke Jakarta. Dan setelahnya lebih penting lagi saya akan memberi perubahan bidang sanitasi, baik di sekolah maupun rumah meskipun dari hal kecil,” ungkapnya.

Selain lomba karya tulis dan poster, panitia juga menetapkan satu peserta sebagai juara penyuluh terbaik. Kategori ini dimenangkan oleh Alin Maginta Ridasari dari SMP 1 Wonosari yang juga juara pertama lomba poster. (bcr)

Berita Terkait Komentar