TVC City Changer NEW!                         
 
@ditjenck

Dapatkan informasi kegiatan dan aktivitas terbaru dari Ditjen Cipta Karya melalui twitter anda.

Cipta Karya Dukung Penataan Kawasan Kampus ITB

24/03/2012 Share Facebook Twitter

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum sepakat mendukung fungsionalisasi ruang-ruang publik di seputar kawasan Institut Teknologi Bandung (ITB)  sebagai ruang terbuka hijau maupun aktivitas publik.  Kesepakatan bersama tersebut mencakup penyusunan rencana, pelaksanaan, pembentukan lembaga, dan pengelolaan kawasan.

Kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding) tersebut ditandatangani antara Dirjen Cipta Karya Budi Yuwono, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota Bandung Dada Rosada, dan Rektor ITB Akhmaloka di Aula Barat kampus Ganesa, Sabtu (24/3) dalam rangkaian Reuni Akbar ke-40 ITB Angkatan 1972.

Menurut Budi Yuwono, penandatanganan MoU hari ini dilakukan hanya menyangkut masalah pokoknya saja, belum sampai kepada hak dan kewajiban dari masing-masing pihak.

"Penandatangan kesepakatan bersama hari ini hanya bagian induknya saja, belum menyangkut hak dan kewajiban masing-masing. Untuk pengaturan hak dan kewajiban dari masing-masing pihak akan diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Kerjasama. Yang pasti, peran dan tanggung jawab kami adalah menyediakan prasarana dan sarana dalam rangka penataan kawasan seputar kamus ITB," jelas Budi Yuwono.

Lebih jauh, kata Budi, penataan kawasan ITB meliputi kampus ITB dan kawasan di sekitarnya. Pemprov Jawa Barat akan mendukung dan memfasilitasi program, Pemkot Bandung memfasilitasi pertemuan dalam perencanaan dengan SKPD beserta perizinannya, dan pihak ITB memberikan asistensi kepada Tim Pelaksana dan merumuskan dan menyiapkan bentuk kelembagaannya.

Terkait dengan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan penataan kawasan ITB, menurut Budi belum dihitung karena baru sebatas MoU. Sehingga sharing APBN dan APBD belum dapat diputuskan besarannya. (bcr)

Berita Terkait Komentar