Sosialisasi Aplikasi e-HRM dan Sistem Informasi Kehadiran Pegawai Direktorat Jenderal Cipta Karya

admin     27 - May - 2019     329


Acara Sosialisasi Aplikasi e-HRM dan Sistem Informasi Kehadiran Pegawai Direktorat Jenderal Cipta Karya dilaksanakan di Hotel Permata, Bogor pada tanggal 7-8 November 2016 dibuka oleh Kepala Bagian Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dari Sekretariat Direktorat Jenderal, Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman, dan Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Ditjen. Cipta Karya, baik dari pusat maupun satuan kerja di daerah. Dengan mengundang narasumber dari Subdirektorat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi serta dari Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana.

Pada kesempatan ini, Kepala Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Dra. Retno Triyanti Handayani, MM menyampaikan materi tentang Dasar Aturan Pelaksanaan SIM-Kehadiran Pegawai & Pembayaran Tunjangan Kinerja di Ditjen Cipta Karya. Direktorat Jenderal Cipta Karya telah menetapkan Surat Edaran Nomor 80/SE/DC/2016 Tentang Pedoman Pengelolaan Sistem Informasi Kehadiran Pegawai Direktorat Jenderal Cipta Karya yang menjadi salah satu dasar aturan pelaksanaan SIM-Kehadiran Pegawai & Pembayaran Tunjangan Kinerja di Ditjen Cipta Karya

Kepala Subdirektorat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Sri Murni Edi Kusumaningrum, S.Kom, MM, menyampaikan materi tentang Sistem Informasi Kehadiran Pegawai yang dikembangan oleh Subdirektorat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi. Sistem tersebut digunakan untuk menghitung tunjangan kinerja berdasarkan jam kehadiran yang terekam oleh alat absensi fingerprint. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan keaktifan para operator di satker daerah dalam mengupload dokumen pendukung.

Sedangkan Kepala Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana yang diwakili oleh Eriswan Nur, S.Kom, M.Eng, menyampaikan materi tentang Sosialisasi Aplikasi e-HRM, serta pendampingan registrasi dan update data pada aplikasi e-HRM. e-HRM merupakan aplikasi pengelolaan kepegawaian secara elektronik yang merupakan produk dari Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana. Aplikasi ini dirancang bagi para PNS untuk dapat meng-update datanya sendiri dan dapat diverifikasi secara berjenjang oleh verifikator. Pada akhir acara, Jumlah pegawai Direktorat Jenderal Cipta Karya yang telah melakukan registrasi pada aplikasi e-HRM sejumlah 1953 PNS.

Besar harapan diadakannya sosialisasi ini, yaitu agar PNS di lingkungan Ditjen. Cipta Karya dapat memahami dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat pada acara sosialisasi ini kepada pegawai yang lain.