Workshop Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Prestasi Kerja (PPK) Direktorat Jenderal Cipta Karya

admin     08 - January - 2018     431


Sebagaimana tercantum dalam Peratuan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Kinerja PNS dan Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja, maka setiap PNS wajib menyusun SKP pada awal tahun, dan akan dievaluasi pada akhir tahunnya, termasuk perilaku PNS. Hal ini kemudian ditegaskan dengan terbitnya Undang-Undang nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), dimana telah mengamanatkan bahwa pengisian SKP dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku PNS, yang dilakukan secara objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.

Guna mempermudah pengisian SKP, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia sedang membangun Sistem pengisian dan penilaian kinerja online melalui website, dimana seluruh penyusunan dan penilaian prestasi kerja PNS akan diinput oleh masing-masing pegawai dan dimonitor melalui sistem tersebut. Sistem ini diharapkan sudah dapat dipergunakan pada pengisian SKP ditahun 2017 yang akan datang.

Bertempat di Hotel Quest Semarang, pada tanggal 21-22 November 2016, Workshop Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Prestasi Kerja (PPK) Direktorat Jenderal Cipta Karya telah terselenggara. Sebanyak kurang lebih 120 peserta dari 33 Provinsi yang merupakan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Workshop Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Prestasi Kerja (PPK) Direktorat Jenderal Cipta Karya ini di buka oleh Ibu Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya yang pada kesempatan tersebut diwakilkan oleh Kepala Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Direktorat Jenderal Cipta Karya – Dra. Retno Triyanti Handayani, MM-. Materi yang disampaikan diberikan oleh narasumber yang berkompeten dibidang kepegawaian dan sistem informasi, yaitu dari Kepala Bidang Pemantauan Kinerja dan Evaluasi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia – Lisniari Munthe, ST., M.Sc- , Kepala Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Setditjen Cipta Karya - Dra. Retno Triyanti Handayani, MM-, dan Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Direktorat Keterpaduan Infrastruktur Permukiman – Sri Murni Edi Kusumaningrum, S.Kom., MM).

Dalam Arahan Ibu Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya disampaikan bahwa untuk menyatukan gerak dan langkah pengembangan sistem informasi bidang kepegawaian, maka disaat yang bersamaan sedang dikembangkan e-HRM oleh Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, yang seharusnya terjalin keselarasan database sumber daya manusia di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Beliau juga mengharapkan, dengan dibangunnya sistem tersebut diharapkan dapat mengakomodasi serta memudahkan pengisian dan penilaian prestasi kerja seluruh pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ditahun-tahun yang akan datang