Ditjen Cipta Karya Konsolidasikan Data Pelaksanaan TA 2019

uadmin     27 - May - 2019     65


Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan konsolidasi data pelaksanaan pembangunan infrastruktur permukiman Tahun Anggaran 2019. Data dan informasi tentang nama paket, alokasi anggaran, dan proses pelelangan harus sudah clean and clear sebelum Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) TA 2019 selesai direvisi pada akhir Mei 2019.

Saat ini Ditjen Cipta Karya sedang menjalani transformasi organisasi yang membutuhkan penyesuaian pada berbagai aspek, termasuk pengelolaan data dalam rangka pengawasan dan pengendalian proses pembangunan infrastruktur permukiman. Namun, dalam waktu yang singkat, semua jenis data harus dipadukan melalui aplikasi e-Monitoring, seperti data literal yang berisi statistik hasil pelaksanaan, data spasial berupa titik koordinat lokasi pembangunan, dan data visual berupa foto dokumentasi hasil pembangunan.

Direktur Keterpaduan Infrastruktur Permukiman yang diwakili oleh Kepala Sub Direktorat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Sri Murni Edi mengungkapkan, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) yang baru dibentuk di seluruh provinsi di Indonesia diharapkan dapat menyajikan data yang valid dan update untuk pengambilan keputusan pimpinan secara cepat dan tepat.

“Proses pengadaan untuk paket kontraktual Tahun Anggaran 2019 harus sudah selesai dan terkontrak paling lambat akhir Juni 2019. Untuk itu, Balai harus mengambil langkah-langkah percepatan pelelangan, termasuk memastikan proses pelelangan bebas dari kepentingan dan sesuai dengan peraturan yang ada,” ujar Sri Murni dalam Konsolidasi Data Pelaksanaan Kegiatan TA 2019 di Tangerang Selatan (02/05/2019).

Para Kepala Satuan Kerja saat ini sedang melakukan langkah-langkah konkret untuk mempercepat kemajuan keuangan dan fisik. Percepatan pelaksanaan pekerjaan tidak hanya memperhatikan pelaksanaan kontrak, namun juga harus memperhatikan kualitas pekerjaan fisik dengan melakukan Quality Assurance. (ero randal banten/DatinCK)