TINDAK LANJUT PEMUTAKHIRAN DATA LHA DAN KADERISASI BENDAHARA DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL CIPTA KARYA

bagiankeua     08 - January - 2018     48


Salah satu amanah yang diberikan kepada Kementerian PUPR adalah melaksanakan pembangunan infrastruktur yang akan meningkatkan perekonomian dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Tugas ini di distribusikan kepada satuan kerja di seluruh Indonesia melalui Satuan Kerja milik Kementerian PUPR.  Hasil-hasil pembangunan yang dilaksanakan selama ini melalui Satuan Kerja, sudah banyak dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, namun pada sisi lain masih terdapat dinamika hasil-hasil pembangunan yang belum sesuai dengan yang diharapkan, baik fisiknya, fungsinya, manfaatnya, spesifikasinya, dll. Demikian pula dari sisi pengelolaan dan penggunaan keuangan negara, dari hasil audit tim pemeriksa atas pelaksanaan kegiatan Satuan Kerja masih sering ditemui pelaksanaan pekerjaan yang proses pembayarannya belum sesuai dengan ketentuan dan peraturan, tentunya hal ini menjadikan temuan oleh aparat auditor.

Selain itu peningkatan kemampuan aparatur negara khususnya dibidang pertanggungjawaban administrasi keuangan khususnya bendahara juga berperan penting dalam peningkatan pengendalian internal di lingkungan satuan kerja. Dengan meningkatnya kemampuan petugas bendahara diharapkan dapat meminimalisir temuan auditor yang akan terjadi.

Berdasarkan kondisi tersebut diatas, Direktorat Jenderal Cipta Karya mengadakan kegiatan “Tindak Lanjut Pemutakhiran Data Laporan Hasil Audit (LHA) dan Kaderisasi Bendahara di Lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya”.  Kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 29 Oktober s/d 01 November 2018 di Bogor dengan tujuan antara lain:

  1. Menindaklanjuti temuan auditor (BPK-RI, BPKP, Itjen) di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya;
  2. Memberi masukan dan arahan terkait tindaklanjut yang harus dilakukan Satuan Kerja;
  3. Memberikan pengetahuan kepada calon bendahara pengeluaran terkait dasar SPIP di lingkungan DJCK;
  4. Mempersiapkan calon bendahara pengeluaran di lingkungan DJCK.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang narasumber yang berkompeten yaitu tim Inspektorat Jenderal Kemen PUPR dan Biro Keuangan PUPR. Dalam kegiatan ini Direktorat Jenderal Cipta Karya telah berhasil meningkatkan progres penuntasan tindaklanjut temuan auditor BPK RI dan Inspektorat Jenderal antara lain:

Temuan

Nilai Sisa Temuan Sebelum Kegiatan

Nilai Sisa Temuan Setelah Kegiatan

Progres Pengurangan Sisa Temuan

BPK-RI

Rp 15.882.989.351

Rp 15.272.015.615

Rp 610.973.736

Inspektorat Jenderal Kemen PUPR

Rp 326.821.490

Rp 201.497.860

Rp 125.323.630

 

 

Selain progres tersebut, kegiatan ini juga telah berhasil memberikan pengarahan dan pelatihan kepada 80 orang calon bendahara yang diharapakan dapat menjadi ujung tombak perbaikan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) di tempatnya bertugas.