KONSOLIDASI DAN REKONSILIASI SAIBA & SIMAK-BMN TRIWULAN III TA. 2018 SEBAGAI UPAYA DITJEN CIPTA KARYA MEMPERTAHANKAN OPINI WTP ATAS LAPORAN KEUANGAN TA 2018

bagiankeua     08 - January - 2018     67


Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.05/2016 Tentang Pedoman Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga, bahwa setiap Satuan Kerja selaku UAKPA wajib melakukan penyusunan Laporan Keuangan tingkat UAKPA, dan menyampaikan Laporan Keuangan  beserta ADK kepada UAPPA-E1 setiap bulan, semesteran, dan tahunan.

Seiring dengan komitmen Bapak Menteri PUPR untuk mempertahankan opini auditor BPK-RI WTP TA 2017 dan semakin besar tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan Kementerian PUPR dengan semakin besarnya dana pembangunan infrastruktur di Tahun Anggaran 2018 serta dengan banyaknya jumlah satuan kerja dilingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya sebanyak 616 satker yang harus dikonsolidasikan dalam penyusunan Laporan Keuangan. Maka Direktorat Jenderal Cipta Karya mengadakan kegiatan “Konsolidasi dan Rekonsiliasi SAIBA dan SIMAK-BMN Triwulan III TA.2018 di Lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya”.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 3 gelombang dengan dua lokasi berbeda, gelombangan pertama dilaksanakan di Solo pada tanggal 3-7 Oktober 2018 dan gelombang kedua dan ketiga dilaksanakan di Makassar pada tanggal 10 - 19 Oktober 2018. Pelasanaan kegiatan ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya dimana panitia mengikutsertakan beberapa satker PIP Kabupaten Kota yang memiliki aset, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan penganggaran dan pencatatan saldo awal yang selama ini menjadi kendala di tingkat Eselon I.

Kegiatan dilaksanakan dengan dua metode, pertama melalui diskusi panel dengan mengundang narasumber-narasumber yang berkompeten dibidang Laporan Keuangan antara lain dari Biro Keuangan Kementerian PUPR, metode kedua  dengan sistem pembagian desk yang secara detail membahas dan menverifikasi hal-hal sebagai berikut:

  1. Kesesuaian Saldo Awal TA 2017;
  2. Kesesuaian Pagu dan Realisasi s/d 30 September 2018 dengan E-rekon;
  3. Kesesuaian Neraca SAIBA dan SIMAK-BMN;
  4. Kesesuaian penginputan persediaan dan SIMAK BMN sesuai penganggaran;
  5. Kesesuaian dengan detail transaksi didalam E-rekon

Pada akhir kegiatan ini panitia telah berhasil mengkonsolidasikan laporan keuangan tingkat Eselon I dari 616  satuan kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Cipta Karya dan akan dilakukan reviu oleh tim Biro Keuangan dan Inspektorat Jenderal sebelum dikonsolidasikan dengan laporan keuangan tingkat Kementerian PUPR.