Pencarian

Balai Teknik Air Minum Berbagi Cerita Pembangunan Zona Integritas Dengan BPPSPAM


Kepala BTAM, Yuni Erni Aguslin menyampaikan bahwa pembangunan Zona Integritas di BTAM dinisiasi oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya pada tahun 2016 dan diajukan ke Kementerian PAN RB pada tahun 2019 untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Menurut Yuni, tantangan terbesar dalam mencapai tujuan pembangunan zona integritas adalah merubah budaya kerja dan pola pikir karyawan Balai Teknik Air Minum.

“Butuh waktu 3 tahun bagi BTAM untuk menyediakan sarana, prasarana dan perubahan budaya kerja untuk menerapkan zona integritas ”kata Yuni. Hal ini dapat diatasi dengan menunujukkan komitmen dan konsistensi, khususnya oleh pimpinan, serta memberikan motivasi dan keteladanan bagi seluruh karyawan, baik PNS maupun Non PNS.

Kepala Bagian Perencanaan dan Pelaporan BPPSPAM, Hosen Utama menyampaikan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk melalakukan studi banding penerapan Zona Integritas di BTAM sebagai salah satu unit kerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah menerapkan pembangunan zona integritas.

BPPSPAM telah berencana untuk memulai pembangunan zona integritas pada tahun 2020 ini. Oleh sebab itu, untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum dilakukan pencanganan pembangunan zona integritas maka BPPSPAM berguru kepada BTAM.

Pada akhir kunjungan, seluruh tim dari BPPSPAM dan didampingi oleh Kepala Balai Teknik Air Minum meninjau ruang pelayanan publik dan fasilitas yang dimiliki BTAM dalam mendukung pembangunan zona integritas.

(ard)