Pencarian

BALAI TEKNIK AIR MINUM DAN BPSDM KEMENTERIAN PUPR KEMBALI LATIH ASN BIDANG AIR MINUM UNTUK JABATAN KOMISIONING IPA


Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, Yunaldi, dan dilaksanakan pada tanggal 7 sampai dengan 15 Agustus 2019. Dalam sambutan pembukaan, Yunaldi menyampaikan bahwa Pelatihan dan Sertifikasi Jabatan Kerja Komisioning IPA ini merupakan salah satu implementasi pelatihan sertifikasi keahlian dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN Kementerian PUPR, khususnya dibidang air minum.

 

“Sertifikasi keahlian dibutuhkan sebagai bukti bahwa ASN Direktorat Pengembangan SPAM tersebut kompeten dalam bidang komisioning IPA. Sertifikasi ini ditujukan bagi para petugas yang akan ditunjuk sebagai tim komisioning IPA sebagai salah satu rangkaian proses Professional Hand Over (PHO)”, ungkap Yunaldi.

 

Komisioning Instalasi Pengolahan Air merupakan pengujian operasional suatu pekerjaan secara nyata maupun secara simulasi untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan dan memenuhi standar dan peraturan yang berlaku. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini, petugas komisioning akan dapat memberikan rekomendasi dan perbaikan-perbaikan apabila terdapat ketidaksesuaian dalam operasi dan pemeliharaan IPA.

 

Komisioning IPA ini dibagi menjadi dua tahap, yaitu pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 7 sampai dengan 15 Agustus 2019, dengan durasi pelatihan selama 6 (enam) hari, dan dilanjutkan dengan ujian sertifikasi selama 2 (dua) hari oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Air Minum Indonesia (LSP AMI).