Pencarian

PDAM Kota Padang Bersama Balai Teknik Air Minum Tingkatkan Kompetensi Operator IPA


Sejalan dengan upaya meningkatkan kompetensi SDM pelaksana teknis operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA), PDAM Kota Padang bekerja sama dalam menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengoperasian dan Pemeliharaan instalasi Pengolahan Air, yang dilaksanakan selama lima hari (26-30 Agustus 2019), di Balai Teknik Air Minum, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

“Bimbingan Teknis Pengoperasian dan Pemeliharaan Air Minum ini, adalah upaya meningkatkan kompetensi SDM sebagai pelaksana operasional dan pemeliharaan IPA. Instalasi Pengolahan Air menjadi hal yang penting akan perannya dalam pelayanan sistem penyediaan air minum, terutama pada daerah-daerah yang tidak mampu dilayani dengan sistem gravitasi,” tutur Hendra.

Lanjut Hendra, diharapkan Bimbingan Teknik Pengoperasian dan Pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air Minum ini mampu menghasilkan operator-operator yang andal/kompeten dalam mengoperasikan dan memelihara IPA, guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan air bersih sesuai dengan yang diharapkan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Teknik Air Minum Yuni Erni Aguslin menyampaikan, sebagai sarana penunjang sistem produksi dan distribusi air bersih,  pengoperasian IPA memerlukan kompetensi yang memadai bagi operator agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditentukan.

Bimbingan Teknis bertujuan untuk meningkatkan kompetensi di bidang operasional dan pemeliharaan IPA, dan menunjang pelaksanaan tugas, serta meningkatkan kinerja setiap individu yang diharapkan akan berdampak pada meningkatknya kinerja PDAM. Materi yang diberikan dalam bimbingan teknis disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, dengan tujuan agar setelah mengikuti kegiatan bimbingan teknis mampu menyelesaikan permasalahan terkait dengan operasional dan pemeliharaan instalasi pengolah air minum, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan air minum.