Pencarian

Balai Teknik Air Minum Latih 400 SDM Bidang Air Minum


Hal tersebut disampaikan dalam sambutan pembukaan Bimbingan Teknis Bidang Air Minum yang disampaikan oleh Kabag Kepegawaian dan Ortala Ditjen Cipta Karya Eko Winarno, mewakili Sekretaris Ditjen Cipta Karya, di Balai Teknik Air Minum, Bekasi, Senin (29/07/2019).

Sebanyak 56 orang mengikuti bimbingan teknis bidang air minum yang meliputi Bimbingan Teknis Pengendalian Kualitas Air pada Proses Pengolahan, Penyusunan Laporan Keuangan Dengan SAK-ETAP, Operasi dan Pemeliharaan IPA, serta Efisiensi Energi.

Eko menambahkan, keterbatasan sumber daya manusia merupakan salah satu kendala yang mem-pengaruhi kinerja penyelenggara SPAM di daerah. Pelaksanaan bimbingan teknis merupakan solusi untuk pengembangan SDM bagi PDAM atau penyelenggara SPAM lainnya di daerah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Dukungan Teknis Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Desrah menyampaikan bahwa BPPSPAM akan memberikan bantuan manajemen kepada PDAM yang memiliki kinerja kurang sehat dan sakit kepada 151 PDAM. Bantuan manajemen bertujuan untuk mendukung kinerja PDAM menjadi sehat. Hasil dari bantuan manajemen tersebut yaitu bertambahnya PDAM berkinerja sehat sebanyak 10 hingga 12 PDAM setiap tahun.

 “Sasaran bimbingan teknis bidang air minum ini yaitu 400 orang peserta yang berasal dari PDAM yang mendapatkan bantuan manajemen tersebut, dan akan dilaksanakan sampai dengan bulan November 2019”, kata Desrah. Untuk itu, diharapkan semakin banyak SDM bidang air minum yang berkompeten sehingga dapat meningkatkan kinerja PDAM.

Sebagai penutup, Eko berharap penyelenggaraan bimbingan teknis ini akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat pengguna air di seluruh Indonesia. “Bapak/Ibu peserta bimbingan teknis dapat memberi masukan kepada pimpinan sehingga akan meningkatkan kinerja PDAM menjadi sehat”, tutupnya.