Pencarian

Cipta Karya Terus Tingkatkan Kapasitas SDM PDAM di Daerah


Hal tersebut diungkapkan oleh Sesditjen Cipta Karya T. Iskandar saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Operasi dan Pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air, Bimbingan Teknis Pengawasan Pekerjaan Pemasangan Jaringan Pipa Air Minum dan Bimbingan Teknis Perencanaan Jaringan Perpipaan Menggunakan Program Epanet di Bekasi, Senin (08/07/2019).

“Salah satu faktor penting dalam penilaian kinerja PDAM adalah sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh PDAM tersebut, karena SDM adalah aset utama dan penggerak perusahaan yang menentukan kemajuan perusahaan. Saat ini, jumlah pegawai PDAM sebanyak 56.529 orang. Namun, pegawai yang mengikuti diklat hanya sekitar 28,8% dan rata-rata rasio biaya diklat terhadap pegawai hanya 1,3%,” tutur Iskandar. 

Lanjut Iskandar, jenis bimbingan teknis yang dilaksanakan merupakan bimbingan teknis yang sangat dibutuhkan oleh staf PDAM, melalui jaringan peminatan Kebutuhan Akan Bimbingan Teknis dan juga dari hasil penilaian kinerja oleh BPPSPAM.

“Tentunya masih banyak masalah lainnya yang terkait dengan pengawasan bidang air minum. Diharapkan melalui kegiatan ini hal tersebut akan dibahas dan didiskusikan sehingga didapatkan solusi dari masalah yang dihadapi,” kata Iskandar. (ari)