Rapat Koordinasi Awal Tahun Satker Randal 2013

Sun, 23/12/2012 - 03:32 -- admin

Sebagai kepanjangan tangan DJCK di propinsi, Satuan Kerja Perencanaan dan Pengendalian PIP memiliki peran untuk meningkatkan efektivitas dalam pembinaan, pengawasan, dan fasilitasi pembangunan Bidang Cipta Karya di daerah khususnya kepada pemerintah Kab/Kota. Ruang lingkup Perencanaan dan Pengendalian tersebut terdiri atas perencanaan, penganggaran, pemantauan, dan evaluasi. Pelaksanaan dari ruang lingkup perencanaan dan pengendalian melibatkan berbagai pelaku mulai dari tingkat Pusat, Propinsi, dan Kab/Kota. Sehingga sangat diperlukan setiap pelaku memiliki kejelasan tugas, tanggungjawab, dan hubungan kerjasama dalam bentuk koordinasi, fasilitasi, pendampingan, maupun dalam hal pelaporan.

Dalam melaksanaan kegiatan TA 2013 bidang Cipta Karya khususnya kegiatan yang menjadi lingkup utama Satker Perencanaan dan Pengendalian terdapat beberapa perubahan regulasi dan kebijakan, diantaranya yaitu:

  1. Pelaksanaan pelelangan melalui E-proc harus dilakukan mulai bulan November.
  2. Pelaksanaan E-mon dilakukan dengan format yang baru yang sudah menjadi satu dengan E-proc.
  3. Terdapat perubahan mekanisme pelaksanaan konsultasi regional bidang Cipta Karya.
  4. Terdapat peraturan baru terkait dengan tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja Negara sesuai dengan PMK 190/PMK.05/2012.
  5. Peningkatan sosialiasi dan pemahaman pedoman perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian bidang Cipta Karya.
  6. Kepala Satker Perencanaan dan Pengendalian Propinsi  selaku ULP yang harus melakukan pelelangan mulai bulan November.

Oleh karena itu, Direktorat Bina Program melalui Satker Perencanaan dan Pengendalian Pusat memandang perlu melakukan rapat koordinasi awal tahun yang melibatkan unsur pemerintah pusat dan propinsi. Rapat koordinasi awal tahun ini juga bertujuan untuk menyamakan kesamaan pandang dan sasaran yang akan dicapai.

Tujuan dari dilaksanakannya Rapat Koordinasi Awal Tahun Satuan Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman Bidang Cipta Karya 2013 adalah untuk mengkosolidasikan pemahaman dan persamaan persepsi serta peran Satker Perencanaan dan Pengendalian Provinsi dalam pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pengendalian 2013 Bidang Cipta Karya.