Buku Pedoman RPIJM 2013

Mon, 28/01/2013 - 14:13 -- admin

Rencana Program Investasi Jangka Menengah (RPIJM) Kabupaten/Kota merupakan dokumen rencana dan program pembangunan infrastruktur bidang Cipta Karya dalam periode lima tahun, yang dilaksanakan secara terpadu oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, maupun oleh masyarakat/swasta, yang mengacu pada rencana tata ruang, untuk menjamin keberlangsungan kehidupan masyarakat yang berkualitas dan mewujudkan pembangunan infrastruktur Cipta Karya yang berkelanjutan. RPIJM telah diinisiasi sejak tahun 2005 melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Cipta Karya No. Pr. 02.03-Dc/496 tanggal 9 Desember 2005 tentang Penyusunan Program Investasi Jangka Menengah Pembangunan PU Bidang Cipta Karya (Infrastruktur Permukiman) Kabupaten/Kota.

Sampai dengan akhir tahun 2012, telah tersusun RPIJM sebanyak 489 dokumen, yaitu sebanyak 99 % kabupaten/kota di Indonesia telah memiliki RPIJM. Secara kuantitas, RPIJM yang disusun telah cukup banyak, namun secara kualitas masih membutuhkan penyempurnaan.

Buku pedoman ini merupakan penyempurnaan dari buku pedoman sebelumnya, dengan memasukkan isu dan lingkungan strategis terbaru, baik di lingkungan internal Cipta Karya maupun dari lingkungan eksternal secara umum. Melalui buku pedoman ini, diharapkan penyempurnaan RPIJM dapat dilakukan dengan baik dalam rangka peningkatan pembangunan Bidang Cipta Karya di Daerah.

Jakarta, Desember 2012

Budi Yuwono

unduhan: