Foto: Seorang petugas sedang memeriksa SPAM di salah satu kecamatan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tahun 2019 ini, Kementerian PUPR akan memberikan bantuan hibah air minum berupa 2.500 SR untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Berau.

Kementerian PUPR Berikan Hibah Air Minum Kepada Kabupaten Berau

Tanjung Redeb – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun anggaran 2019 ini memberikan bantuan hibah air minum berupa 2.500 sambungan rumah (SR) kepada Pemkab Berau, Kalimantan Timur, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah.

Menurut Bupati Berau Muharram di Tanjung Redeb, minggu ini, jajaran Kementerian PUPR selalu memberikan dukungan dan arahan agar seluruh masyarakat di daerah perkotaan dapat terlayani kebutuhan air bersihnya melalui jaringan perpipaan melalui PDAM.

Karena adanya arahan dan dukungan dari Kementerian PUPR itu, pihaknya juga telah melakukan penambahan kapasitas produksi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Singkuang dari 30 liter per detik menjadi 70 liter per detik, tahun 2018 lalu.

“Pada tahun 2019 ini, dengan adanya penambahan kapasitas produksi IPA Singkuang dan bantuan hibah air minum untuk warga perkotaan di Tanjung Redeb dari Kementerian PUPR, paling tidak, kami bisa segera melaksanakan pemasangan 4.000 sambungan rumah baru,” kata Muharram.

Bupati Berau menambahkan bahwa penambahan sambungan rumah baru itu akan diprioritaskan untuk keluarga berpenghasilan rendah atau keluarga tidak mampu di Kota Tanjung Redeb.

Bupati Muharram mengharapkan jajaran PDAM Tirta Segah selalu melakukan perawatan secara terhadap seluruh IPA dan jaringan distribusi yang ada, sehingga operasional PDAM berjalan optimal, dan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Ia juga berharap, dengan adanya penambahan kapasitas produksi IPA Singkuang, daftar tunggu calon pelanggan PDAM dapat segera mendapat pelayanan air bersih. (pspam/yss)

Print Berita