Foto: Tim ROMS dan Tim Fasilitator Masyarakat Pamsimas Jawa Barat mengikuti Rakor FM Program Pamsimas Jawa Barat TA 2019 di kawasan Lembang, Jawa Barat.

Rakor FM Program Pamsimas Jawa Barat Diakhiri Outbond

Bandung, Jawa Barat - Tim Regional Oversight Management Services (ROMS) dan Tim Fasilitator Masyarakat Pamsimas Jawa Barat menggelar acara Rapat Koordinasi (Rakor) FM Program Pamsimas Jawa Barat sekaligus melaksanakan outbond di kawasan Putri Gunung, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, diikuti 252 orang peserta. Rakor sekaligus outbond itu dilaksanakan akhir Januari 2019.

Selain melakukan evaluasi hasil pekerjaan dan melakukan perencanaan untuk pendampingan program Pamsimas tahun 2019, para peserta rakor juga diajak untuk berekreasi, sehingga dapat sejenak melakukan rutinitas pekerjaan sehari-hari, sekaligus melakukan penyegaran dan pencerahan yang bersifat membangun, menginspirasi dan membentuk tim yang lebih solid dan kuat.

Hadir pada acara Rakor dan outbond itu di antaranya Kasubdit SPAM Perkotaan Direktorat Pengmbangan SPAM, Ir Darmawel Umar, MSc, Wakil Ketua CPMU Pamsimas Ir Essy Asiah, MT, Kepala Satker PSPAM Jawa Barat, Edy Rahmat, ST, MT, dan Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Provinsi Jawa Barat, Norman Yulian.

Kegiatan outbond dilaksanakan pada hari terakhir pelaksanaan Rakor. Seluruh peserta diajak bermain games yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama, komunikasi dan membentuk tim yang solid, agar siap menghadapi tantangan di tahun 2019. Beragam permainan dan aktivitas di alam bebas dilakukan, diharapkan dapat memperkaya pandangan peserta tentang pekerjaan sehari-hari yang dilakukan.

Kepala Satker PSPAM Jawa Barat, Edy Rahmat menjelaskan, pengayaan sudut pandang tersebut dengan sendirinya bisa membuat kapasitas berpikir dan kapasitas sosial emosional peserta menjadi lebih berkembang. Mereka dapat menemukan ide-ide dan merasakan suasana yang positif yang membuat jiwa mereka menjadi tumbuh, dan mental mereka menjadi terlatih dengan adanya berbagai tantangan yang diberikan.

“Kegiatan Rakor FM kali ini sungguh berbeda. Selama rakor kami seperti tertekan, ada laporan, ada evaluasi, bahkan kadang-kadang ada teguran. Tapi bersyukur, akhirnya rakor diakhir dengan kegiatan outbond yang menggembirakan, sehingga kami bisa bermain dan tertawa bersama. Kami juga melakukan permainan untuk meningkatkan kerja sama dan kekompakan," kata seorang Fasilitator Pemberdayaan dari Kabupaten Bandung, Tina Sulaeha. (pspam/yss)

Print Berita