Foto: Direktur Bank Dunia untuk Praktik Globar Air, Steven N. Schonberger, Kasatker PSPAM Sumatera Selatan, dan Tim Pamsimas berfoto bersama murud-murid SD saat melakukan kunjungan ke Desa Lorok, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, untuk melihat perkembangan program Pamsimas.

Direktur Bank Dunia Kunjungi Desa Pamsimas di Sumatera Selatan

Ogan Ilir - Direktur Bank Dunia untuk Praktik Globar Air (Director for World Bank Group's Water Global Practice) Steven N. Schonberger melakukan kunjungan ke Desa Lorok, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (31/01/2019). Ia didampingi Kepala Satker PSPAM Provinsi Sumatera Selatan, Sopan, dan Tim Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat perkembangan program Pamsimas yang telah dilakukan sejak tahun 2013 di Desa Lorok. Pada tahun 2012 lalu, akses air minum di Desa Lorok adalah 6,11 persen dan sanitasi layak 41,8 persen.

"Hingga akhir tahun 2018 lalu, akses air minum di Desa Lorok sudah mencapai 93,6 persen, dengan sanitasi yang telah mencapai 100 persen untuk memenuhi kebutuhan 466 KK. Pencapaian tersebut berkat kolaborasi dari program Pemerintah Pusat dan Daerah, program hibah luar negeri serta swadaya masyarakat dalam mencapai target akses universal di bidang air minum dan sanitasi," kata Sopan.

Dalam kunjungan tersebut, Steven N. Schonberger juga berbicara mengenai pentingnya keberadaan KP-SPAMS dalam mengelola keberlanjutan sarana yang dibangun melalui program Pamsimas, mengingat tugas dan fungsinya yang strategis, yaitu melaksanakan perencanaan serta mengelola dan mengoperasionalkan SPAMS yang terbangun agar dapat berkelanjutan.(pspam/yss/ari)

Print Berita