Foto: Seorang warga korban banjir di Kota Manado sedang memaanfaatkan air bersih dari hidrant umum portable bantuan Kementerian PUPR.

Satker PSPAM Sulawesi Utara Bantu Air Bersih Korban Banjir

Manado - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (2/02/2019) menyalurkan air bersih ke lokasi yang terkena bencana banjir, tepatnya di Kelurahan Bailang, Kecamatan Bunaken, Kota Manado. Pada hari Jumat (01/02/2019), bencana banjir melanda Kota Manado, Sulut, akibat meluapnya Sungai Tondano.

Untuk mengurangi beban masyarakat pasca terkena bencana banjir, Satker PSPAM Provinsi Sulawesi Utara mengerahkan satu unit mobil tangki air beserta empat tempat penampung air (hidran umum) yang disebar di beberapa lokasi yang terkena dampak banjir.

Menurut Kasatker PSPAM Provinsi Sulawesi Utara, Halid Saleh, instansinya memiliki kewajiban untuk membantu menyediakan air bersih untuk seluruh masyarakat yang terkena bencana dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari, apalagi air merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia yang harus dipenuhi.

"Sesuai data yang kami terima, banjir di Kota Manado terparah melanda Kecamatan Bunaken dan Kecamatan Tuminting, sedangkan wilayah yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor mencakup delapan kecamatan, 23 kelurahan dengan jumlah KK 737 atau 2.523 jiwa, serta memakan korban jiwa empat orang," katanya.

Seorang warga Kelurahan Bailang bernama Ma’aruf mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan Kementerian PUPR yang sudah membantu dalam menyediakan air bersih bagi masyarakat yang terkena bencana banjir dan tanah longsor, mengingat setelah kejadian banjir warga masyarakat sulit untuk mendapatkan pasokan air bersih.

“Kami berharap pemerintah daerah dan pemerintah pusat dapat bekerja sama dalam membantu masyarakat, terutama dalam pemenuhan air bersih, sehingga warga korban musibah banjir tidak kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari," kataya. (pspam/yss/ari)

Print Berita