Foto: Pimpinan dan Staf PDAM OKU berfoto bersama di SPAM Unit 3 Batumarta Lubuk Raja

SPAM Unit 3 Batumarta di Lubuk Raja Layani 1.000 Pelanggan Baru

Ogan Komering Ulu - Pelaksanaan pekerjaan Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Unit 3 Batumarta, di Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), yang telah dimulai April 2018 lalu ditargetkan selesai akhir Desember ini, dan akan segera diresmikan pemanfaatannya bulan Januari 2019.

Menurut Direktur PDAM OKU, H. Abi Kusno, Kamis (27/12/2018), pembangunan SPAM Unit 3 Batumarta sudah mencapai 99 persen, dan tinggal menunggu peresmian agar siap difungsikan pengoperasiannya.

"PDAM OKU telah melakukan uji coba dari Intake menuju Instalasi Pengolahan Air. Uji coba tersebut dilakukan sebagai bentuk kesiapan PDAM OKU untuk melayani pelanggan di Kecamatan Lubuk Raja. Warga sangat antusias menyambut rencan pengoperasian air bersih yang akan kami kelola itu," katanya.

Uji coba telah dilakukan dari Intek menuju IPA dengan sampel salah satu ke rumah pelanggan langsung pada 19 Desember lalu, dan hasilnya sesuai harapan. Selanjutnya segera dilakukan uji coba dari IPA menuju Booster, sebelum diresmikan Januari 2019. Abi Kusno menambahkan bahwa ada 1000 pelanggan baru di Kecamatan Lubuk Raja yang sudah tersambung dan siap dialiri air bersih.

Pembangunan SPAM Unit 3 Batumarta di Kecamatan Lubuk Raja pada tahun 2018 menghabiskan anggaran sebesar Rp 41 miliar lebih, dengan daya tampung seribu pelanggan. Namun nantinya setiap tahun jaringan akan terus ditambah sehingga mencapai target 4.800 pelanggan dengan kapasitas SPAM yang tersedia 60 liter air/detik.

Dana Rp 41 miliar tersebut dianggarkan melalui dana APBN sebesar 36 miliar, dana APBD Provinsi Sumsel sebesar Rp 1,5 miliar, dan dana APBD OKU tahun 2018 sebesar Rp 4 miliar. (pspam/yss)

Print Berita