Foto: Dua warga desa sedang memanfaatkan air bersih program Pamsimas.

Pemkab Pasuruan Ajukan 16 Desa untuk Lokasi Program Pamsinas TA 2019

Pasuruan - Sebanyak 16 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasuruan sudah diajukan untuk menjadi lokasi daerah Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas) pada tahun anggaran 2019, dan tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pengajuan itu untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat desa berupa air minum, kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pasuruan, Ir Misbah Zunib dalam keterangannya di Pasuruan, Selasa (18/12/2018).

Menurutnya, usulan yang diajukan oleh Pemkab Pasuruan sudah mendapat respon yang baik dari Pemerintah Pusat, dan saat ini dalam proses verifikasi.

"Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ini merupakan program sharing antara daerah dan pemerintah pusat. Ketentuannya, daerah harus mengalokasikan anggaran dari APBD dengan perbandingan 1:4. Artinya jika satu program dibiayai daerah, sedangkan empat anggaran dari pusat," kata Misbah.

Untuk pelaksanaan pembangunan jaringan air minum ke masyarakat, katanya, nantinya akan ditangani langsung oleh masyarakat/desa penerima program. Pemerintah daerah hanya membantu pendampingan di lapangan, karena semua perencanaan dan pembangunan tidak ditangani kontraktor.

Untuk anggaran yang disiapkan dinas dalam program tersebut yakni Rp 1 miliar dari APBD. Program tersebut juga bertujuan untuk mendorong masyarakat ikut berpartisipasi di bidang pembangunan. (pspam/yss)

Print Berita