Foto: Ilustrasi Tower Air Minum

Pemkab Pangkep Bangun SPAM Melalui DAK Kementerian PUPR

Pangkep - Pemerintah Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan, mulai tahun 2019 akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) senilai Rp 5,2 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR. Pembangunan SPAM itu untuk mengantisipasi kekeringan di sejumlah wilayah di Kabupaten Pangkep, yang selalu terjadi pada setiap musim kemarau.

Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten pangkep, Sudirman Husain menjelaskan, rencananya, fasilitas SPAM tersebut akan dibangun di 10 titik di Kabupaten Pangkep, di antaranya di Mangguliling, Ciddokang, Baring Segeri, Gentung, Mandalle, Padanglanpe dan Kassi.

"SPAM tersebut akan berbentuk tower. Air kemudian didistribusikan kepada warga. Tujuannya, agar tak ada lagi wilayah yang kekurangan air bersih, khususnya pada musim kemarau." katanya, Senin (10/12/2018).

Ia menjelaskan, setelah pembangunan selesai, maka SPAM terbangun itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat melalui sistem meterisasi yang pengelolaannya berbasis masyarakat.

"SPAM ini lengkap dengan meteran sambungan ke rumah warga. Dananya dari Kementerian PUPR. Setelah dibangun diserahkan ke desa untuk dikelola berbasis masyarakat," katanya. (pspam/yss)

Print Berita